Senin, 29 April 2024

Pembangunan Fly Over Aloha Sudah 70 Persen, Ditarget Selesai April 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Progres pembangunan Fly Over Aloha Sidoarjo yang sudah mencapai 70 persen. Foto: Pemkab Sidoarjo

Proses pengerjaan proyek Fly Over (FO)/jalan layang Aloha Sidoarjo saat ini sudah mencapai 70 persen. Proyek untuk mengurai kemacetan baik dari arah Surabaya ke Sidoarjo maupun sebaliknya itu ditargetkan rampung April 2024 mendatang.

“Saya optimis proyek jalan layang Aloha Sidoarjo ini akan selesai pada April 2024 mendatang. Progress proyek ini terus menunjukkan perkembangan yang pesat yaitu pada Agustus ini sudah mencapai 70 persen,” kata Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo dalam keterangannya, Rabu, (16/8/2023).

Gus Muhdlor sapaan akrabnya menambahkan, tahap pembangunan jalan layang Aloha saat ini sudah memasuki pemasangan girder (balok penyangga) yang dilakukan sejak bulan Juli 2023 lalu. Ditargetkan pemasangan girder pada dua sisi ini akan selesai pada Agustus 2023.

“Saat ini sudah masuk pemasangan girder berupa balok beton. Pemasangan girder pada dua sisi telah terpasang. Selanjutnya untuk minggu ini akan mulai pemasangan balok girder sisi barat,” katanya.

Sementara itu, Dwi Eko Saptono Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air mengatakan, pemasangan balok girder ini butuh perhitungan yang matang dan hati-hati.

“Setelah selesai girder pada Agutus 2023, bulan September 2023 lanjut pengerjaan tahap selanjutnya, sehingga April 2024 jalan layang Aloha sudah benar-benar rampung,” tegas Dwi.

Dwi menekankan proyek jalan layang Aloha ini akan selesai sesuai target dan Nataru (natal dan tahun baru) nanti mulai dapat dilakukan uji fungsional.

“Jika terus menunjukkan progres yang baik seperti ini, sesuai dengan target kita Nataru akan dapat kami uji fungsional serta April 2024 bisa kita nikmati bersama proyek megah ini,” ucap Dwi. (bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs