Selasa, 30 April 2024

Pembenahan Tata Kelola Museum Harus Libatkan Pemerintah hingga Masyarakat

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Lestari Moerdijat Wakil Ketua MPR RI menyebut butuh sinergi semua pihal untuk membenahi tata kelola museum. Foto: Instagram @lestarimoerdijat

Lestari Moerdijat Wakil Ketua MPR RI menekankan tentang pentingnya pembenahan tata kelola museum. Hal ini harus menjadi gerakan bersama dengan melibatkan semua pihak.

Hal ini termasuk sisi kemauan politik (political will) dari pemerintah serta partisipasi masyarakat dan komunitas.

“Terbengkalainya museum kita saat ini, karena museum dinilai tidak berkaitan langsung dengan kebutuhan hajat hidup orang banyak. Persepsi ini merupakan tantangan kita semua,” ujar Lestari dilansir Antara pada Kamis (12/10/2023).

Lestari menambahkan, pentingnya pemahaman sejarah dalam merawat nilai-nilai kebangsaan tidak boleh dilepaskan dipisahkan dari kehidupan masyarakat.

“Keberadaan museum yang baik merupakan bagian dari proses pemahaman sejarah yang sangat penting bagi penanaman nilai-nilai kebangsaan setiap warga negara,” imbuhnya.

Lestari juga mengakui bahwa masalah tata kelola museum di Indonesia saat ini memerlukan perhatian dan upaya bersama. Oleh karena itu, dia mendorong para pemangku kepentingan di tingkat nasional dan daerah untuk aktif terlibat dalam perbaikan tata kelola museum.

Politisi Partai NasDem ini berharap agar masyarakat, pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan dapat bekerja sama.

“Dalam mewujudkan pengelolaan museum yang mampu meningkatkan penanaman nilai-nilai kebangsaan pada setiap generasi penerus negeri,” kata Lestari. (ant/feb/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs