Kamis, 2 Mei 2024

Megawati Minta Fasilitas dan Keamanan Museum Nasional Indonesia Diperbaiki dan Ditingkatkan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Megawati Soekarnoputri Presiden Ke-5 RI yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meminta agar fasilitas dan keamanan museum diperbaiki dan ditingkatkan. Karena menjaga museum merupakan bagian dari merawat peradaban.

Demikian petikan percakapan Megawati dengan Nadiem Anwar Makarim Mendikbudristek saat mendatangi Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (19/9/2023).

Dalam kesempatan itu, Megawati mendorong kerjasama antara BRIN dan Museum Nasional dalam rangka mengembangkan riset dan penelitian di bidang permuseuman.

Saat berkeliling melihat lokasi kebakaran, Megawati menyinggung soal perlu adanya knowledge creation agar ada produksi pengetahuan atas setiap objek yang ada di museum.

Selama kunjungannya ke Museum Nasional, Megawati banyak bertanya dan memberi masukan ke Menteri Nadiem.

“Orang yang kerja di museum itu harus memiliki empati dan passion. Karena kerja di museum itu adalah kerja-kerja senyap,” ujar Megawati.

Nadiem mengajak Megawati melihat sejumlah objek yang menjadi sisa kebakaran.

“Bekas kebakaran itu tetap harus dikumpulkan,” ucap Megawati. Dia berharap musibah kebakaran ini harus jadi momentum perbaikan museum.

Sekadar diketahui, Megawati pernah menjadi sukarelawan di Museum Nasional tahun 1972.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs