Rabu, 15 Mei 2024

Pemerintah Tak Mau Indonesia Hanya Menjadi Target Pasar di Industri Game

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Lokapala: Saga Of The Six Realms menjadi game buatan Indonesia yang sempat dipertandingkan di PON XX Papua 2021. Foto: Lokapala

Pemerintah Indonesia berkeinginan memperkuat industri game lokal. Caranya dengan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Program Percepatan Pengembangan Industri Gim Indonesia yang akan diterbitkan dalam waktu dekat.

“Kita tidak anti-asing. Tapi kita tidak mau jadi market saja. Inilah kenapa saya tekankan kolaborasi win-win partnership itu penting. Jadi yang kita harapkan ini menjadi sebuah hal yang baik buat semua,” kata Erick Thohir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ad-interim.

Dilansir dari Antara pada Sabtu (28/10/2023), Erick menyatakan bahwa keberadaan Perpres tersebut dinilai penting untuk mendukung pengembangan industri game lokal.

Ia berharap industri game lokal berkembang lebih luas. Tak hanya memproduksi game itu sendiri, melainkan juga produk-produk turunannya.

Dia juga berharap nantinya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dapat berkolaborasi dengan universitas untuk mendukung pengembangan industri game.

Erick juga berharap, produsen game global bisa bekerja sama dengan Indonesia untuk mengembangkan game nasional.

“Ini mesti fair sama bangsa Indonesia. Kita jangan disedot terus secara ekonominya, tetapi bagaimana kita win-win, saling menguntungkan,” tegasnya. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
29o
Kurs