Jumat, 1 Maret 2024

Pemerintah Upayakan Kepulangan 35 Wisatawan Indonesia dari Israel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ledakan akibat serangan udara yang dilancarkan Israel di Jalur Gaza. Foto: Xinhua

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan sebanyak 35 wisatawan religi asal Indonesia akan segera dipulangkan dari Israel.

“Masih ada 35 WNI yang melakukan wisata religi dan akan kami fasilitasi (kepulangannya) pada 14 Oktober 2023. Kami akan bantu akses keluarnya,” Judha Nugraha ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu dilansir Antara pada Jumat (13/10/2023).

Sejak meletusnya konflik terbaru antara Israel dengan Hamas, Kemlu mencatat 231 wisatawan Indonesia telah keluar dari wilayah Israel pada 9 Oktober 2023.

Selanjutnya, pemerintah juga mencatat 38 dari 44 wisatawan Indonesia keluar dari Israel dan masuk ke Yordania masing-masing pada 11 Oktober 2023 dan 12 Oktober 2023. Sehingga total 313 wisatawan Indonesia telah berhasil keluar dari wilayah konflik tersebut.

Kepulangan ratusan WNI tersebut ke Tanah Air dilakukan secara mandiri melalui agen perjalanan yang mengatur agenda wisata mereka, termasuk untuk keberangkatan dan kepulangan.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan imbauan perjalanan (travel advisory) bagi WNI yang memiliki rencana untuk berkunjung atau melakukan wisata religi ke Israel dan Palestina, agar menunda perjalanan mereka hingga situasi lebih aman.

Pemerintah juga mengimbau WNI yang tinggal menetap di Israel dan Palestina untuk segera meninggalkan wilayah tersebut, untuk mengantisipasi memburuknya situasi keamanan dan kemanusiaan. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
32o
Kurs