Senin, 6 Mei 2024

Pemkab Sidoarjo Kebut Pengerjaan Sembilan Ruas Proyek Betonisasi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Salah satu proyek betonisasi jalan di Kabupaten Sidoarjo. Foto: Pemkab Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo mengebut sembilan ruas proyek betonisasi yang menghubungkan sejumlah desa di kabupaten setempat.

Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo mengatakan, terdapat sembilan proyek jalan beton yang dikebut pengerjaannya mulai Juli hingga Agustus 2023.

Dari jumlah tersebut, terdapat lima ruas jalan yang mulai dikerjakan bulan Juli. Kelima ruas jalan itu yaitu jalan Desa Banjarsari-Damarsih Kecamatan Buduran, jalan Desa Kwangsan Kecamatan Sedati, jalan Desa Tropodo Kecamatan Waru, jalan Desa Tarik-Mlirip Kecamatan Tarik serta jalan Geluran-Suko Kecamatan Taman.

Sedangkan empat ruas lainnya mulai dikerjakan di bulan Agustus, yakni ruas jalan Krembung-Mojoruntut, jalan Desa Banjarpanji, jalan Desa Tulangan-Durungbedug Kecamatan Candi, dan jalan Desa Bringinbendo-Tanjungsari Kecamatan Taman.

Muhdlor mengatakan, selain jalan yang dibetonisasi, tersebut juga ada jalan yang dilakukan pelebaran seperti di ruas jalan Desa Banjarsari-Damarsih Kecamatan Buduran.

“Jalan dengan panjang 1,8 kilometer itu sebelumnya hanya sekitar 3,5 meter bakal dilebarkan menjadi 5 meter. Hal yang sama juga dilakukan di ruas jalan Bringinbendo-Tanjungsari Kecamatan Taman yang bakal dilebarkan menjadi 5 meter. Jalan Geluran-Suko lebarnya 6-7 meter,” katanya dilansir Antara, Senin (3/7/2023).

Gus Muhdlor, sapaan akrabnya mendorong percepatan pengerjaan proyek betonisasi sesuai dengan target pekerjaan. Serta meminta pekerjaan di sembilan titik jalan beton itu rampung tepat waktu.

“Selain harus tepat waktu, saya minta pengawasannya dari Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air diperkuat. Rampung sesuai target tapi harus sesuai perencanaan,” tegasnya.

Gus Muhdlor menambahkan,sembilan ruas jalan yang dibeton tersebut merupakan jalan yang padat dilalui kendaraan seperti ruas jalan Tarik-Mlirip merupakan akses jalan alternatif yang menghubungkan Sidoarjo dan Mojokerto.

“Ruas jalan Tulangan-Durungbedug juga padat sekali saat pagi dan sore hari. Karena jalan ini jalan alternatif warga Tulangan menuju kota Sidoarjo. Begitu juga ruas jalan Bringinbendo-Tanjungsari dimana jalan ini selalu padat kendaraan para pekerja dan anak sekolah,” jabarnya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs