Jumat, 26 April 2024

Pemkab Sidoarjo Rencanakan Betonisasi dan Pelebaran Jalan Penghubung Tiga Desa Kecamatan Wonoayu

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo (putih paling kanan) saat meninjau ruas jalan yang menghubungkan tiga Desa di Kecamatan Wonoayu, Kamis (18/5/2023). Foto: Diskominfo Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bakal melakukan betonisasi dan pelebaran ruas jalan yang menghubungkan tiga Desa di Kecamatan Wonoayu. Antara lain, Jalan Pilang-Sumberejo-Wonokasian.

Jalan yang menjadi penghubung tiga desa itu sekarang cuma selebar lima meter. Padahal, volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut semakin padat.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo hari ini Kamis (18/5/2023) melakukan sidak proyek di jalan Pilang-Sumberejo untuk memastikan pekerjaan perbaikan jalan rusak berjalan sesuai target pelaksanaan.

“Jalan penghubung antardesa antarkecamatan ini merupakan ruh ekonomi warga. Cepat tidaknya pertumbuhan ekonomi karena infrastruktur jalan. Pemerataan ekonomi bisa dicapai apabila pembangunan dan penataan infrastruktur jalan dilakukan dengan baik. Lebar jalan Pilang-Sumberejo sekarang 5 meter dan dilihat tadi masih bisa ditambah 2 meter lagi, jadi 7 meter. Kalau nantinya dilebarkan maka kendaraan lebih lancar,” jelas Gus Muhdlor sapaan akrabnya.

Kata Muhdlor, Jalan Pilang-Sumber Rejo merupakan akses utama warga desa setempat. Dengan melewati jalan itu, warga bisa lebih cepat sampai. Jalan tersebut juga akses menuju ke arah Kecamatan Sukodono.

Sementara itu, Eko Dwi Saptono Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA menjelaskan ada 12 ruas jalan yang saat ini dalam progres perbaikan. Salah satunya di ruas jalan Pilang-Sumberejo, yang memiliki panjang 4 kilometer dengan kerusakan sekitar 300 meter.

“Arahan dari Pak Bupati jalan ini masuk atensi dan rencananya akan dibeton dan diperlebar lagi sekitar 2 meter. Dari panjang 4 km itu sebagian sudah di beton, nantinya dilanjutkan lagi sekitar 2,5 km lagi,” ujar Dwi.

Di tempat yang sama, Sahar Maulana Kepala Desa Sumberejo mendukung langkah Pemkab Sidoarjo untuk memperlebar jalan desa mereka. Tapi, pihaknya akan mengajak komunikasi dengan jajarannya karena sebelah sisi barat jalan merupakan sawah gogol milik warga.

“Kami mendukung rencana Pemkab Sidoarjo untuk memperlebar jalan ini. Karena memang jalan ini sudah padat. Setiap pagi dan sore macet. Tapi kami harus menyampaikan dulu ke pemilik gogol insyaAllah warga sini mendukung,” jelas Sahar.(wld/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs