Kamis, 25 April 2024

Pemkot Daftarkan Surabaya Vaganza Masuk KEN 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Light parade digelar di Surabaya untuk memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730, pada Sabtu (27/5/2023). Foto: Bima/magang suarasurabaya.net
Usai sukses menggelar rangkaian parade yang mengundang ribuan ribuan warga, Pemerintah Kota Surabaya bakal mendaftarkan parade bunga dan budaya Surabaya Vaganza ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2024.”Ini sudah kami daftarkan masuk KEN. Insya Allah di tahun depan ada dua ya, Parade Bunga dan Rujak Uleg yang akan masuk di sana,” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam keterangannya, Minggu (28/5/2023).

Perlu diketahui, KEN adalah kalender kegiatan di provinsi-provinsi di Indonesia yang disusun oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempromosikan pariwisata.

Kata Eri, nantinya ada tim penilai dari Kementerian untuk mengkurasi event Surabaya Vaganza ini.

“Salah satunya dilihat dari ketertibannya. Apakah warga tertib atau tidak, sehingga tidak mengganggu jalannya parade bunga. Nanti juga ada tim penilaiannya dari sana,” katanya seperti melansir Antara.

Acara Surabaya Vaganza yang digelar pada Sabtu (27/5/2023) untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) berlangsung tertib dan meriah.
Wali kota mengapresiasi ketertiban warga yang menyaksikan Parade Bunga dan Budaya di sepanjang rute parade.

“Alhamdulillah parade budaya hari ini berjalan lancar, antusias masyarakat sangat luar biasa. Bahkan, mulai sore sampai malam ini tidak beranjak dari tempatnya, tertib. Memang sebetulnya dari dulu tertib dan guyub rukun, mulai dari ujung Tugu Pahlawan sampai di Balai Pemuda sangat rapi dan sangat tertib,” katanya.

Eri mengungkap bahwa dalam kegiatan Surabaya Vaganza tahun sebelumnya, tidak sedikit penonton yang masuk ke tengah parade.
Oleh karena itu, Pemekot Surabaya pada tahun 2023 memperketat penjagaan agar peserta dan penonton parade tertib.

“Yang pasti ini untuk warga Surabaya, bisa nyaman, seperti tadi, tenang. Tidak ada kejadian orang menyeberang ketabrak peserta parade atau mobil parade. Kalau dulu kan hampir ketabrak mobil parade bunga. Sekarang sudah tidak ada, alhamdulillah,” katanya.(ant/wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs