Jumat, 19 April 2024

Ribuan Warga Tumpah Ruah dalam Parade Bunga dan Budaya Surabaya Vaganza

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Cak dan Ning Surabaya menumpangi mobil hias milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Sabtu (27/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ribuan masyarakat Kota Surabaya tumpah ruah dalam gelaran Parade Bunga dan Budaya Surabaya Vaganza. Bahkan antusiasme pengunjung sudah terlihat sejak siang hari dengan memadati bahu-bahu jalan di sepanjang rute parade.

Seperti diketahui, Gelaran Surabaya Vaganza ada yang berbeda daripada tahun kemarin. Tahun ini ada dua sesi, yang diawali Parade Bunga dan Budaya pada pukul 15.00-18.00 WIB. Lalu dilanjutkan dengan Light Parade pada pukul 18.00-22.00 WIB.

Namun dari pantauan suarasurabaya.net, parade Bunga dan Budaya sempat molor hampir setengah jam. Sehingga mempengaruhi jadwal yang sudah diatur sebelumnya.

Meski demikian, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Pahlawan yang antusias menyambut parade tahunan ini.

“Antusias warga mulai sore hingga malam tidak beranjak dari tempatnya. Dan tertib, ini menunjukkan masyarakat Surabaya guyub dan rukun,” kata Eri saat ditemui seusai parade Bunga dan Budaya, Sabtu (27/5/2023).

Masyarakat menonton dari balik barier waktu menonton parade bunga dan budaya Surabaya Vaganza, Sabtu (27/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dalam parade tadi, Eri bersama rombongannya menaiki mobil jeep di barisan pertama sambil menyapa para warga yang berada di balik barier.

Kemudian di barisan belakangkanya diikuti 19 mobil hias dan 17 komunitas budaya. Lalu ada dua kelompok drumband. Tadi kreativitas yang ditampilkan mobil hias dari sejumlah instansi sangat beragam.

Mulai dari mobil hias Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya yang menampilkan bunga-bunga dengan beragam warna yang melambangkan keindahan serta kebersihan Surabaya.

Kemudian ada mobil hias dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang menampilkan ukiran burung hantu dan komodo. Tak hanya itu, tim KBS juga mempromosikan Surabaya Night Zoo yang baru saja di-launching beberapa waktu lalu.

“Ini untuk menyambut ulang tahun (Surabaya) ke 730. Terima kasih untuk semua pihak yang tampil totalitas dalam parade ini. Tampilannya sangat luar biasa,” ucap Eri.(wld/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs