Kamis, 25 April 2024

Pemkot Surabaya Akan Kirab Trofi Adipura Kencana Mulai Juanda sampai Balai Kota

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Senin (27/2/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar kirab membawa trofi Adipura Kencana mulai Juanda Sidoarjo sampai Balai Kota Surabaya, Rabu (1/3/2023) pekan ini.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, kirab digelar usai trofi atau penghargaan Adipura Kencana yang diserahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta sehari sebelumnya, Selasa (28/2/2023).

“Kita dapat Adipura Kencana besok di Jakarta diberi kementerian, Selasa. Kemudian Rabu akan kirab dari Juanda sampai Balai Kota,” kata Eri saat ditemui di Alun-Alun Surabaya, Senin (27/2/2023).

Pelaksanaan kirab sebagai ucapan terima kasih pada seluruh warga Surabaya yang sudah berjibaku menjaga lingkungan, termasuk saat Program Surabaya Bergerak.

“Saya terima kasih sekali, karena Adipura Kencana ini sempat terhenti ketika Covid-19. Sekarang dimunculkan kembali, dan Surabaya terus dapat Adipura Kencana. Apalagi sekarang, ada Surabaya Bergerak. Sekarang terbukti terus, Kota Surabaya bersih,” paparnya.

Melalui Program Surabaya Bergerak, lanjutnya, masyarakat mau bergotong/royong menjaga kebersihan dengan kerja bakti rutin.

“Surabaya Bergerak terbukti, masyarakat mau berjibaku dengan kerja bakti. Sehingga Adipura Kencana ini memang saya apresiasikan untuk seluruh warga Surabaya dan semua teman-teman yang menyampu, membersihkan jalan. Saya dedikasikan ke semua warga yang terus mau bergerak luar biasa untuk Surabaya,” jelasnya lagi.

Peserta pelaksanaan kirab nantinya berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya.

“Untuk menunjukkan, kita bisa mempertahankan Adipura Kencana. Saya ingin tunjukkan kalau kita ini gotong-royong, kerja sama, bisa mendapatkan ini. Ini bukan untuk pemkot tapi untuk warga Surabaya yang mau gotong-royong, menjaga lingkungan bersama, maka kita dapat Adipura Kencana,” tandasnya.

Diketahui, Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kota yang menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs