Senin, 26 Februari 2024

Pemkot Surabaya Catat 73 Titik Pohon Tumbang Kamis Malam Murni karena Faktor Cuaca

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pohon tumbang terjadi di Jalan Pahlawan, kantor Gubernuran, petugas melalukan pemotongan dan pengondisian, Kamis (7/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mencatat ada 73 lokasi pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang, Kamis (7/12/2023) malam kemarin.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, banyaknya pohon tumbang itu murni karena faktor cuaca hujan deras dan angin kencang. Untuk itu, ia minta pengendara berteduh di tempat aman, tidak melanjutkan perjalanan sebelum reda.

“Jangan sampai muncul korban di Kota Surabaya. Saya berharap kalau sudah hujan kayak kemarin, jangan berteduh di bawah pohon, karena kita tidak tahu apa yang terjadi,” tuturnya, Jumat (8/12/2023).

Ia mengaku sudah menginstruksikan jajarannya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk siaga.

“Jadi kita sudah menurunkan BPBD. Tapi kita juga meminta kepada masyarakat untuk waspada. Perantingan sudah kita lakukan sebelum musim hujan. Tapi kalau anginnya itu angin lisus (puting beliung), kalau ada tanaman ya jebol (rusak),” bebernya.

Sementara Myrna Augusta Aditya Dewi Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati DLH Kota Surabaya menyebut, perantingan sudah dilakukan setiap hari di semua kawasan Kota Surabaya.

“Satu Surabaya ada enam rayon. Setiap rayon mnimal dua sampai tiga lokasi. Satu lokasi lebih dari satu pohon. Mangkanya kadang gak bisa mematok, karena bisa jadi satu lokasi ada 10 pohon jadi cuma satu lokasi,” jelas Myrna dihubungi terpisah.

Termasuk beberapa lokasi yang ditumbuhi pohon-pohon rawan tumbang serta usia tua.

“Pohon-pohon yang usianya sudah tua, mudah patah itu, kami perantingan seperti yang di MERR, Darma Husada Indah banyak Pohon Sepatu Dea yang ranting mudah patah, di Jalan A Yani, HR Muhamad, Diponegoro banyak Pohon Sono yang usia sudah tua. Badannya, akar, kuat, tapi rantingnya yang tumbang kadang-kadang,” terangnya.

Sementara terkait 73 pohon tumbang Kamis malam, Myrna menyebut titik-titik itu sudah dijangkau dalam perantingan harian.

“Tumbang itu juga cuaca meski kuat, kalau cuaca seperti kemarin ya kalah. Yanh kelihatannya agak lemah baru ditanam malah gak tumbang. Kadang gak bisa diduga, ini kejadian alam,” imbuhnya. (lta/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs