Senin, 29 April 2024

Pemkot Surabaya Gelar Halalbihalal Secara Virtual

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya usai melaksanakan halalbihalal virtual, Kamis (27/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pascalibur dan cuti bersama Idulfitri 1444 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar halalbihalal secara virtual melalui sambungan telekonferensi.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyapa seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lewat Zoom hari ini, Kamis (27/4/2023).

Halalbihalal rutin secara tatap muka yang dilakukan setiap momen Lebaran, sambungnya, akan dilaksanakan setelah tanggal 2 Mei mengikuti instruksi pemerintah pusat.

“Silaturahmi ini kan gak bisa kita lakukan secara langsung karena ada surat edaran. InsyaAllah, setelah tanggal 2. Karena Presiden menyampaikan pulangnya (mudik) jangan menyebabkan macet, bisa tanggal 27, 28 April. Jadi masuk ini kita lakukan secara virtual. Saya pribadi dan institusi mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin maaf lahir batin seluruh jajaran pemkot. Baik ASN maupun tenaga kontrak,” kata Eri.

Dalam momen pertemuan virtual hari ini, Eri meminta seluruh jajarannya untuk memperkuat pelayanan ke masyarakat. Terutama pelayanan administrasi dan kependudukan diminta tidak terpusat di kelurahan tapi bisa terurai sampai Balai RW.

“Saya sampaikan gimana kita mempereratkan silatuhrahmi terhadap masyarakat Surabaya. Maka saya sampaikan kebijakan saya turun ke balai RW, pelayanannya adminduk belum tentu satu hari itu ada satu permohonan. Kalau di kelurahan itu bisa sampai 30-50 sehingga seakan-akan kelurahan itu penuh. Padahal itu bisa sampai di balai RW. Di Surabaya ini sudah digitalisasi semua, maka pekerja bisa dilakukan di mana saja. Saya ingin teman-teman balai RW menyelesaikan mereka melalui HP mereka, hanya melalui aplikasi menyelesaikan di kecamatan,” terangnya.

Sebelumnya, Mahfud MD MenPAN RB ad Interim mengumumkan semua kantor pemerintahan untuk menunda halalbihalal dalam rangka setelah Idulfitri 1444 Hijriah sampai pekan kedua.

“Pada pekan pertama (tanggal 24 – 1 Mei 2023) supaya tidak diadakan acara Halal Bihalal dan lain-lain (syawalan, reunian, dan sejenisnya) di tempat-tempat tersebut. Setelah rentang waktu itu (2 Mei 2023), baru boleh mulai diadakan,” ujar Mahfud pada Senin (24/4/2023).(lta/dfn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs