Jumat, 3 Mei 2024

Pemkot Surabaya Siapkan Enam Park and Ride untuk Pemudik Titipkan Kendaraannya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gedung Parkir (Park and Ride) di Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyiapkan enam titik park and ride, yang bisa dimanfaatkan warga untuk menitipkan kendaraan pribadinya saat mudik Lebaran.

Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menjelaskan, warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut jika merasa kurang aman meninggalkan kendaraannya di rumah.

“Bagi pemudik yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, silahkan menitipkan. Karena kami juga khawatir kalau mereka (pemudik) pulang kampung, tapi kendaraannya diparkir depan rumah karena tidak punya garasi,” jelasnya dalam program Semanggi Suroboyo, Jumat (14/4/2023).

Total park and ride yang disediakan yakni ada di Mayjend Sungkono, Arif Rahman Hakim, Aditya Warman, Kertajaya, Genteng Kali dan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

Adapun park and ride dapat digunakan untuk menitipkan baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Khusus untuk TIJ untuk satu jam pertama dikenai biaya Rp3.000, dan Rp1.000 untuk tiap jam berikutnya.

“Untuk tempat lima titik lain ada yang Rp.8000 per hari. Total kapasitasnya bervariasi, tapi memang paling besar di TIJ bisa muat 400-an kendaraan,” urainya.

Dalam kesempatan itu, Tundjung juga menyampaikan kalau Pemkot Surabaya tidak menyediakan program mudik gratis Lebaran tahun ini.

Namun, pemkot tetap berupaya menyiapkan dan melakukan ram check untuk sarana dan prasarana pendukung mudik. Dia menjelaskan kelaikan kendaraan jadi fokus utama.

“Jangan sampai nanti kendaraan yang digunakan masyarakat itu pemiliknya lalai untuk memeriksakan. Mulai dari ban tipis, kaca ada yang pecah, rem kurang berfungsi dengan baik, sampai sistem kemudi dan lain-lain,” ucapnya.

Khusus ram check, kata Tundjung, dilakukan secara continue di Terminal Tambak Osowilangun, serta Terminal Purabaya melalui koordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Daerah.

“Kalau Terminal Purabaya kami biasanya diperlukan untuk ram check di sana. Sementara untuk total armada keseluruhan ada delapan ribuan,” jelasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs