Kamis, 25 April 2024

Pemkot Surabaya Siapkan Enam Proyek Pembangunan Rumah Pompa Tahun Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Rumah Pompa Kenjeran. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan sebanyak enam proyek pembangunan rumah pompa baru tahun ini untuk menanggulangi genangan.

Proyek tersebut direncanakan berlokasi di Undaan, Siola, Kebraon, Bozem Aquatic, Tambaksumur dan Pagesangan.

“Tahun 2023, total ada enam pembangunan rumah pompa baru dengan kapasitas variatif. Tapi yang jelas di sana ada satu rumah pompa banjir kapasitas 3 meter kubik, plus satu pompa sat kapasitas 0,5 meter kubik,” ujar Eko Juli Prasetyo Kepala Bidang Pematusan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya, Kamis (16/2/2023).

Selain itu, Eko mengatakan, di tahun ini Pemkot Surabaya juga akan melanjutkan proyek drainase di Avur Wonorejo

“Kemarin tahun 2022, ada pembenahan (hulunya) sistem drainase avur sekunder Wonorejo. Kita (tahun 2023) melanjutkan kegiatan itu sekalian nanti bisa menyelesaikan satu sistem. Dari mulai hulunya, sampai hilirnya tuntas semua,” katanya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2023 DSDABM Surabaya akan melakukan normalisasi mulai Pompa Wonorejo I sampai dengan Sarono Jiwo, Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo. Proses pekerjaan ini merupakan bagian dari sistem drainase Avur Wonorejo.

“Kemarin tahun 2022, sistem Avur Wonorejo di hulu ada pembangunan Rumah Pompa Karah, Bozem Aquatic, ada pembangunan Rumah Pompa Kebonsari LVK. Itu kawasan hulunya. Sekarang kita merambah kawasan tengah sampai hilir,” jelas dia, seperti dikutip dari laman surabaya.go.id.

Kawasan tengah itu disebutkan Eko dimulai dari Frontage Jalan A Yani, Jalan Pabrik Kulit Wonocolo, hingga Jalan Raya Prapen, Kendangsari, Sarono Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo.

“Kita lakukan normalisasi untuk di saluran primernya Avur Wonorejo,” sebutnya.

Selain di kawasan timur dan selatan, proyek penanggulangan genangan pada tahun 2023 juga dilakukan DSDABM Surabaya di wilayah Surabaya Barat. Eko menyebut, pada tahun 2023 sudah ada alokasi kegiatan pekerjaan di kawasan Petemon V, Kecamatan Sawahan Surabaya.

“Nanti mungkin akan kita buatkan saluran ukuran 2×2 (meter). Perencanaan sudah siap mungkin akan kita launching paketnya. Itu mengakomodir daerah Petemon, Bukit Barisan, Simo Kwagean dan sekitarnya,” ungkap dia.

Di samping kawasan Petemon, pekerjaan penanggulangan genangan juga dilakukan DSDABM di wilayah Kandangan, Kecamatan Benowo Surabaya. Namun pekerjaan ini bersifat parsial bukan seperti pada sistem drainase Avur Wonorejo.

“Sifatnya (pekerjaan) parsial (normalisasi), bukan sistem seperti di Avur Wonorejo. Jadi, untuk mengakomodir genangan-genangan yang sifatnya tidak sustain. Seperti kayak di Petemon V,” imbuhnya.

Eko menambahkan bahwa anggaran yang disiapkan untuk pekerjaan penanggulangan genangan pada tahun 2023 ini mencapai sekitar Rp704,7 miliar. Besaran anggaran tersebut, meliputi empat sub kegiatan pada bidang drainase.

“Totalnya sekitar Rp704,7 miliar, untuk drainase saja. Seperti pembangunan drainase perkotaan, salah satunya pengadaan pompa banjir. Kemudian pembangunan pompa banjir hingga pembangunan saluran-saluran drainase,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs