Sabtu, 20 April 2024

Cegah Kawasan Tengah Kota Banjir Lagi, Pemkot Surabaya Bangun Rumah Pompa Contong

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pembangunan salah satu rumah pompa di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membangun rumah pompa di Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, sebagai upaya mencegah banjir di kawasan pusat kota yang kerap terjadi saat hujan deras.

Armuji Wakil Wali Kota Surabaya, Minggu (24/7/2022) mengatakan, seiring dengan meningkatnya kepadatan penduduk hingga bangunan di area tengah kota, maka harus diimbangi dengan saluran drainase yang mapan dengan didukung keberadaan rumah pompa.

“Nantinya dengan terbangunnya Rumah Pompa Alun-Alun Contong akan mempercepat jalannya air ke sungai, sehingga meminimalisir potensi genangan di tengah kota,” kata Armuji saat meninjau pembangunan rumah pompa seperti dikutip Antara.

Menurut Wakil Wali Kota, pembangunan rumah pompa merupakan kebutuhan yang ada di Surabaya. Meski demikian, lanjut dia, akan percuma jika salurannya sudah bersih dan lancar, namun tidak didukung dengan keberadaan rumah pompa.

Armuji mengatakan, sampai saat ini di Kota Surabaya sudah terdapat 61 rumah pompa dan sedikitnya terdapat 150 pompa, yang siap beroperasi untuk mengurangi genangan di kala musim hujan.

Selain rumah pompa, Pemkot Surabaya saat ini juga membangun dua crossing saluran air di Jalan Embong Kenongo dan Jalan Kenari, untuk mengatasi genangan maupun banjir pada saat hujan deras di kawasan pusat kota.

Untuk diketahui, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya sebelumnya mengatakan, estimasi pekerjaan dua crossing saluran air itu selesai pada 7 Desember.

Pengerjaan crossing saluran di Jalan Embong Kenongo tersebut, menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya 2022 sebesar Rp13 miliar. Sedangkan anggaran pengerjaan saluran di Jalan Kenari mencapai sekitar Rp3 miliar.(ant/bil/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs