Senin, 29 April 2024

Pemkot Surabaya Siapkan Rusunawa Baru Berkonsep Ekonomi Kerakyatan untuk Keluarga Miskin

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rusunawa Benowo - Pakal yang terletak di kawasan Jalan Jawar, Benowo, Pakal, Kota Surabaya. Foto: Antara

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya siapkan unit rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dengan konsep baru, yakni konsep ekonomi kerakyatan. Rusunawa tersebut terletak di kawasan Jalan Jawar, Benowo, Pakal, Kota Surabaya.

“Yang baru, ada unit usahanya di lantai satu, ini pertama kalinya. Jadi, sebagai penunjang usaha dan untuk memenuhi kebutuhan penghuni rusun,” kata Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya, Kamis (9/2/2023).

Melansir dari laman resmi Pemkot Surabaya, Kios UMKM tersebut, nantinya akan digunakan untuk menunjang perekonomian calon penghuni Rusunawa Benowo-Pakal. Bukan hanya untuk menunjang perekonomian, dengan adanya kios tersebut, diharapkan calon penghuni Rusunawa Benowo-Pakal ke depannya bisa terlepas dari kemiskinan.

Menurut penjelasan Irvan, Penghuni prioritas Rusunawa Benowo – Pakal tersebut adalah keluarga miskin (Gakin) yang belum memiliki rumah.

“Kami prioritaskan gakin di Kecamatan Pakal yang masuk ke sana, jadi ini hanya sebagai transit (tempat sementara). Setelah mereka terlepas dari status gakin, maka sudah bisa memiliki rusunami (rumah susun sederhana milik ),” jelasnya.

Selain kios UMKM, Rusunawa Benowo – Pakal juga akan menyediakan koperasi, sebagai penunjang perekonomian para calon penghuni Rusunawa itu sendiri.

Rusunawa Benowo – Pakal nantinya akan tersedia 96 unit, dilengkapi dengan ruang baca, ruang serbaguna, tempat penitipan anak, hunian untuk disabilitas, musala, ruang komunal, tempat parkir, dan juga taman bermain.(abd/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs