Rabu, 8 Mei 2024

Pemprov Jatim Gandeng Ceko untuk Wujudkan Transportasi Publik Aglomerasi di Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jaroslav Dolecek Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia bersama Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu menandatangani perjanjian kerjasama di Gedung Negara Grahadi, Kamis (20/7/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Upaya untuk mewujudkan transportasi publik di wilayah aglomerasi di Surabaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Terbaru, Pemprov Jatim bertemu dengan Duta Besar Republik Ceko di Negara Grahadi untuk membahas rencana itu.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyebut, Ceko merupakan produsen rel dan kereta api. Menurutnya, produksi andalan negara asal Eropa Tengah itu bisa didorong oleh PT Industri Kereta Api (INKA) yang ada di Jatim, untuk mewujudkan transportasi di wilayah aglomerasi.

“September atau Oktober nanti akan ada tim perwakilan (delegasi Ceko) untuk membahas kelanjutan kerjasama di bidang kereta api,” ujar Khofifah di Grahadi, pada Kamis (20/7/2023).

Khofifah bilang, kalau Jaroslav Dolecek Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia sebelumnya telah membahas kerjasama ini dengan PT INKA di Jakarta.

Obrolan kerjasama Dubes Ceko di Ibukota itu bukan tidak mungkin bakal direalisasikan oleh dua PT INKA di Jatim seiring dengan penandatanganan kerjasama antara dua negara ini.

Selain itu, sejumlah lokasi yang disiapkan untuk jalur MRT dan LRT juga sudah dibahas oleh Pemprov selama ini. Oleh sebab itu, adanya kerjasama ini mendorong Pemprov untuk segera merealisasikan konektivitas transportasi publik kereta di wilayah aglomerasi.

“Ini akan menguatkan dan mengomplitkan untuk mewujudkan transportasi publik di aglomerasi Surabaya,” imbuhnya.

Gubernur Jatim itu juga memanfaatkan sektor pertanian supaya bisa masuk dalam kerjasama. Menurutnya teknologi pertanian milik Republik Ceko bisa mengoptimalkan sektor pertanian Jatim.

Sementara itu, Jaroslav Dolecek Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia mengatakan, ada berbagai sektor di Jatim yang bisa dijalani untuk kerjasama.

Misalnya industri manufaktur, perkebunan, hingga pertanian. Oleh sebab itu dalam waktu dekat pihaknya bakal mengirim tim delegasi dari seorang ahli untuk meninjau dan melakukan komunikasi dengan Pemprov Jatim.

“Saya harap kedatangan saya yang sudah kedua kali ini bisa berefek besar terhadap pembangunan di Provinsi Jawa Timur. Saya juga terima kasih kepada Ibu Gubernur karena sudah membuka jalan terbuka (kerjasama) dan saya harap bisa mengajak beliau ke Praha (Ibu Kota Ceko),” pungkasnya.(wld/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs