Minggu, 28 April 2024

Pemprov Jatim Kembali Kirimkan Bantuan Logistik ke Masalembu

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Laksda TNI Maman Firmansyah Panglima Koarmada II (kiri), Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (tengah), dan Mayjen TNI Farid Makruf Pangdam V/Brawijaya (kanan) waktu berada meninjau bantuan elpiji di KRI dr Soeharso untuk masyarakat Masalembu Madura, Sabtu (4/3/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) kembali mengirim bantuan logistik menuju kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Pulau Madura untuk yang kedua kalinya, Sabtu (4/3/2023) kemarin.

Sebelumnya Pemprov Jatim dibantu Koarmada II telah mengirim 15 ton beras menggunakan KRI Malahayati, Rabu (1/3/2023) lalu.

Bantuan kedua ini dikirim menggunakan kapal yang lebih besar, yaitu KRI dr. Soeharso. Alasan memakai kapal yang lebih besar itu, karena bantuan yang dikirim juga bertambah banyak. Selain itu ombak di kawasan sana masih cukup tinggi, sekitar satu meter lebih.

Kata Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim pengiriman logistik ke Masalembu kali ini guna melengkapi bantuan yang sebelumnya sudah dikirim. Sebab, masyarakat di sana banyak membutuhkan beras dan elpiji.

“Yang paling dibutuhkan masyarakat adalah beras dan juga elpiji. Jadi karena kemarin kapalnya tidak sebesar ini, elpiji dan sembako tidak bisa terangkut. Sekarang sudah terangkut semua,” ucap Khofifah dalam keterangannya, Minggu (5/3/2023).

Logistik yang dikirim adalah 16 ton beras, 300 tabung gas elpiji berukuran tiga kg, 41 kardus minyak goreng, 20 kardus gula, 21 kardus biskuit, 10 kaleng roti kaleng, 10 kardus susu kental manis, 12 kardus sarden, 30 kardus ikan kaleng, dan lima kardus susu coklat bubuk.

Selain itu, Kodam V Brawijaya dan Koarmada II juga memberikan logistik tambahan, berupa beras 11 ton, minyak 41 kardus, gula 20 kardus, biskuit UGM 21 kardus, roti kaleng 10 kaleng, susu kental 10 kardus, sarden 12 kardus, ikan kaleng 30 kardus dan susu coklat bubuk lima kardus.

Adapun bantuan logistik yang sebelumnya dikirim telah didistribusikan kepada masyarakat di pulau Masalembu. Khofifah berharap, semua bantuan tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setempat yang mengalami kelangkaan stok bahan pokok akibat cuaca ekstrem.

Sementara itu, Laksda TNI Maman Firmansyah Panglima Koarmada II mengatakan KRI dr Soeharso-990 berangkat, Sabtu pukul 16.00 WIB kemarin. Kapal itu sampai di pulau Masalembu, Minggu (5/3/2023) pagi, sekitar pukul 05.00 WIB.

Jenderal bintang dua itu menegaskan, Koarmada II dan TNI Angkatan Laut selalu siap membantu pemerintah daerah dan masyarakat Jatim. Khususnya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di provinsi itu.

“Ini adalah trip kedua untuk pengiriman bantuan bagi saudara-saudara kita di Masalembu. Saat ini ombak cuaca tidak mendukung kapal kapal yang biasanya dipakai oleh mereka masyarakat Masalembu,” ungkapnya. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs