Senin, 29 April 2024

Pemprov Jatim Siapkan Tol Pasuruan Probolinggo untuk Antisipasi 21 Juta Pemudik

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu meninjau exit tol Gending, Senin (10/4/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyatakan ruas tol Probolinggo Timur hingga exit tol Gending sepanjang 12,5 kilometer sudah siap untuk mengantisipsi arus mudik ke Jatim yang diprediksi mencapi 21,3 juta orang.

Ruas tol Probolinggo Timur-Gending yang tergabung dalam Tol Pasuruan-Probolinggo (paspro) itu mulai difungsikan pada 16-30 April 2023.

Oleh sebab itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim meninjau kesiapan tol Paspro di ruas tol Probolinggo Timur tepatnya di exit tol Gending.

Khofifah berharap tol Paspro ini bisa mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik lebaran Idulfitri. Sebab prediksi pemudik tahun ini mengalami peningkatan dari semula 18,1 juta orang.

“Ada tambahan 3,1 juta orang, artinya bahwa proses untuk mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu harus kita lakukan secara lebih komprehensif lagi,” kata Khofifah usai meninjau tol Paspro, Senin (10/4/2023).

Sebagai informasi Tol Paspro ini memilki total panjang 43,75 km terdiri 4 seksi. Yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km.

Kemudian, Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km, Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 km dan Seksi 4B sepanjang 3,8 km.

Khofifah menegaskan, bahwa tol Paspro ruas Probolinggo Timur-Gending ini dapat dimanfaatkan bagi pemudik yang memiliki akses kartu tol. Karena meskipun difungsikan dengan tarif Rp0 tetapi tetap harus melalui pintu tol dengan tapping kartu tol.

“Artinya bahwa mereka yang punya akses kartu tol yang memungkinkan bisa memanfaatkan gending sampai dengan Probolinggo Timur ini,” ucapnya.

Namun, Khofifah menyebut ada beberapa hal yang masih perlu diselesaikan sebelum Tol Paspro seksi Probolinggo Timur-Gending mulai difungsikan. Seperti marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas yang belum selesai tuntas 100 persen.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau agar semua pihak bersinergi dalam memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan selama mudik lebaran.

Sementara itu, Heri Supriadi Direktur Teknis PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol mengatakan kalau pihaknya sedang bekerja keras untuk menyiapkan berbagai hal teknis terkait pembukaan ruas tol pada tanggal 16 april supaya siap secara fungsional.

“Ada beberapa memang nanti akan diaspal jadi kita masih ada sekitar enam titik yang perlu diaspal yang InsyaAllah dalam waktu dua hari ini akan selesai,” ucapnya.

Sedangkan untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) di luar rest area sudah menyala tapi yang saat ini sedang diupayakan adalah rambu dan marka jalan. Kemudian untuk seluruh konstruksi 100 persen sudah selesai tinggal finishing.

“Tadi pengaspalan rambu marka sama rumput-rumput yang memang dalam rangka penghijauan, serta menyediakan ambulans, kemudian mobil derek dan fasilitas untuk menambah keamanan dan kenyamanan,” jelasnya.

Heri juga menambahkan bahwa petugas di lapangan dibagi dalam tiga shift. Sehingga dalam rangka persiapan Lebaran selama 16 hari bisa dilalui dengan baik secara aman dan nyaman.

“Progres pembangunan direncanakan beroperasi 24 jam,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Timbul Prihanjoko mengaku sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh pihak terkait pembangunan jalan tol Paspro sehingga di tanggal 16 April sudah bisa dilakukan untuk mudik Lebaran.

“Tugas kami di kabupaten akan melengkapi semuanya termasuk rambu-rambu yang ada. Sehingga nantinya tanggal 16 April kita sudah siap semuanya termasuk personel juga sudah kita siapkan,” ungkapnya.(wld/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs