Senin, 29 April 2024

Pemprov Jatim Upayakan Pasang Palang Pintu di 734 Perlintasan KA

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kereta api melintas dikawasan perlintasan Jagir. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mengupayakan pemasangan palang pintu di 734 perlintasan kereta api (KA) yang tersebar di 38 kabupaten/kota.

Nyono Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jatim, Kamis (5/1/2023), memastikan sebanyak 734 perlintasan sebidang kereta api yang belum berpalang pintu, seluruhnya berada di wilayah jalan yang menjadi wewenang pemerintah kabupaten/kota maupun desa.

“Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota agar mengupayakan pendirian palang pintu. Meski biayanya sangat mahal, ini demi keselamatan masyarakat, sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan kereta api,” kata Nyono seperti dilansir Antara.

Ia mengaku pihaknya memohon agar pemerintah kabupaten/kota mengalokasikan anggaran untuk membangun palang pintu, dimana untuk pemasangan satu palang pintu sedikitnya membutuhkan biaya sekitar Rp300 juta.

“Untuk penjagaannya kan bisa dari program tanggung jawab sosial, atau CSR dari perusahaan-perusahaan di sekitar situ. Saya yakin pemerintah daerah punya kapasitas untuk itu,” ujar dia.

Sebelumnya Irjen Pol. Toni Harmawan Kapolda Jatimmenyoroti angka kecelakaan lalu lintas di perlintasan kereta api.

Sepanjang tahun 2022, terdata sebanyak 225 kecelakaan di perlintasan kereta api di wilayah Jatim yang merenggut 105 korban jiwa. Meningkat dibanding tahun 2021 yang tercatat sebanyak 144 kecelakaan di perlintasan kereta api dengan 77 korban meninggal dunia.

“Jadi, palang pintu di sebidang perlintasan kereta api memang harus dibangun. Sekaligus menyadarkan kita sebagai pejabat yang punya kepentingan untuk menyelamatkan masyarakat dari bahaya kecelakaan kereta api,” ujarnya. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs