Minggu, 28 April 2024

Pendaftaran IISMA 2023 Resmi Berakhir, Catat Rekor Jumlah Pendaftar Tertinggi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pemberitahuan terkait pendaftaran IISMA 2023 resmi ditutup. Foto: Kemendikbud

Hingga pendaftaran resmi ditutup pada Kamis (9/3/2023) dini hari, Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) mencapai angka pendaftar tertinggi pada pelaksanaan tahun 2023.

Melansir dari laman resmi Kemendikbud, Sabtu (11/3/2023), Sebanyak 12.704 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma resmi terdaftar sebagai calon peserta. Dari jumlah tersebut, total 9.116 calon peserta berhasil menyelesaikan semua persyaratan berkas di laman https://iisma.kemdikbud.go.id/.

Para calon pendaftar tersebut, terdiri dari 10.496 mahasiswa program sarjana dan 2.208 mahasiswa program vokasi yang  tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Sedangkan yang berhasil menyelesaikan semua persyaratan berkas, terdiri dari 7.664 mahasiswa sarjana dan 1.452 mahasiswa vokasi.

Sesuai dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program IISMA diperuntukkan bagi mahasiswa sarjana pada tahun 2021 dan untuk mahasiswa vokasi pada tahun 2022. Dimana, nanti mereka akan diberi kesempatan belajar di perguruan tinggi terbaik di luar negeri selama satu semester.

Selain belajar, para peserta IISMA juga diharapkan mampu menjadi duta bangsa yang memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia.

Pengalaman mereka selama di luar negeri, juga diharapkan mampu membentuk mahasiswa yang berwawasan global dan siap menjadi  agen perubahan yang bisa membantu pembangunan bangsa di masa mendatang.

“Siapkan diri adik-adik untuk mengikuti program ini dan menjadi duta bangsa yang membanggakan bagi kita semua. Mahasiswa yang terpilih juga merupakan talenta-talenta terbaik bangsa yang dilihat dari berbagai aspek mulai dari kesiapan, prestasi selama ini, dan aktivitas dalam organisasi kemahasiswaan maupun kepemimpinan,” terang Nizam Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi beberapa waktu lalu.

Jumlah pendaftar yang kian meningkat juga beriringan dengan ketertarikan perguruan tinggi luar negeri untuk mendaftar sebagai universitas tuan rumah (Host university) penerima mahasiswa.

Menurut Gugup Kismono Ketua Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, animo dan popularitas IISMA yang terus meningkat, didongkrak oleh banyaknya manfaat yang ditawarkan pada para pihak yang terlibat.

“Popularitas yang tinggi ini saya kira bukan tanpa alasan, melainkan karena Program IISMA memberikan kesempatan mahasiswa untuk menikmati atmosfer pembelajaran akademik terbaik dibarengi dengan kualitas kultur sosial yang berkualitas tinggi di berbagai negara dan perguruan tinggi mitra luar negeri terpilih,” terangnya.

Dengan berakhirnya periode pendaftaran, selanjutnya para pendaftar akan mengikuti berbagai rangkaian seleksi sebelum akhirnya bisa berangkat ke perguruan tinggi luar negeri pilihan.(abd/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs