Senin, 22 April 2024

Pendaki Gunung Arjuno Tewas, Jalur Sumber Brantas Ditutup Sementara

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Petugas mengevakuasi pendaki meninggal dunia di Gunung Arjuno di kawasan Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (20/8/2023). Foto: Antara/BPBD Kota Batu

Pendakian Gunung Arjuno melalui jalur Sumber Brantas, Kota Batu ditutup sementara usai ditemukannya seorang pendaki yang meninggal pada Minggu (20/8/2023).

Melansir Antara, Ahmad Wahyudi Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo mengatakan, bahwa penutupan pendakian jalur Sumber Brantas tersebut dilakukan untuk mempermudah proses pengumpulan data oleh pihak kepolisian.

“Untuk pendakian dari Sumber Brantas, ditutup sementara pascakejadian adanya mahasiswa meninggal dunia. Penutupan dilakukan untuk mempermudah proses pengumpulan data,” ujar Wahyudi menurut keterangannya di Malang, Senin (21/8/2023).

Wahyudi menjelaskan, penutupan akses pendakian ke kawasan Gunung Arjuno melalui Sumber Brantas tersebut dilakukan kurang lebih selama satu minggu. Nantinya, akan dilakukan evaluasi ulang sebelum jalur tersebut kembali dibuka untuk para pendaki.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi mata, korban meninggal dunia berinisal YK asal Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara tersebut melakukan pendakian pada Jumat (18/8/2023) bersama sejumlah rekannya.

Ada tujuh orang yang tergabung pada rombongan tersebut. Namun, berdasarkan informasi yang diterima, YK terlihat sakit sehingga tidak melanjutkan perjalanan menuju puncak. YK ditemani seorang rekannya di Pos 2 Batu Besar, pada jalur Sumber Brantas.

“Untuk kronologi detil, kami tidak bisa menyimpulkan, hanya berdasar keterangan saja,” ujar Wahyudi.

Sekadar diketahui, seorang pendaki yang merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya tersebut ditemukan meninggal dunia di kawasan Gunung Arjuno pada hari Minggu pada pukul 10.38 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menduga korban mengalami hipotermia.

Evakuasi telah dilakukan oleh personel gabungan dari UPT Tahura Raden Soerjo, BPBD Kota Batu dan sejumlah instansi terkait termasuk para relawan.

Untuk diketahui, terdapat empat pintu masuk untuk pendakian Arjuno-Welirang, yakni melalui pintu masuk Tretes dan Tambaksari Kabupaten Pasuruan, Sumber Brantas Kota Batu, dan jalur Lawang, Kabupaten Malang. (ant/fra/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 22 April 2024
26o
Kurs