Kamis, 30 Mei 2024

PLN Beri Diskon 50 Persen Penyambungan Listrik Baru untuk Masyarakat Tidak Mampu

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Program 'Memberi Terang Membangun Negeri' membuka akses keterjangkauan penyambungan listrik rumah tangga tidak mampu. Foto: PLN

Melalui program ‘Memberi Terang Membangun Negeri’, PLN memberikan diskon 50 persen untuk penyambungan listrik baru pada seluruh masyarakat tidak mampu dan yang berada di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T).

Darmawan Prasodjo Direktur Utama PLN menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk membuka akses keterjangkauan penyambungan listrik rumah tangga tidak mampu, khususnya para pelanggan 450 Volt Ampere (VA), sekaligus memberikan keadilan pada seluruh masyarakat Indonesia dalam mendapatkan akses listrik.

“Program ini sebagai upaya untuk percepatan rasio elektrifikasi 100 persen dan merupakan implementasi sila ke lima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam keadilan mendapatkan akses dan manfaat listrik dari PLN,” kata Darmawan. 

Melansir dari keterangan resmi PLN, Sabtu (11/2/2023), program diskon PLN tersebut, berlaku untuk konsumen pada golongan tarif 450 VA. Selain itu, calon pelanggan juga harus Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), imbuh Edi Srimulyanti Direktur Retail dan Niaga PLN.

“Promo ini hanya berlaku untuk penyambungan pelanggan yang tidak memerlukan perluasan jaringan atau hanya membutuhkan sambungan rumah dan pemasangan kWh meter,” kata Edi. 

Sebelumnya, penyambungan daya 450 VA dikenakan biaya sebesar Rp421.000, dengan adanya program diskon tersebut, pelanggan hanya perlu membayar Rp210.500.

Calon pelanggan dapat mengikuti Program ini dengan mengajukan permohonan melalui PLN Mobile, atau call center PLN 123.

Edi berharap, masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut dengan sebaik mungkin khususnya bagi keluarga tidak mampu dan berada di daerah 3T. 

“Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2024, jadi harapannya bisa digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat,” kata Edi.(abd/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs