Senin, 29 April 2024

PM Australia Dukung G7 Kurangi Ketergantungan kepada China

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Anthony Albanese Perdana Menteri Australia. Foto: Reuters

Anthony Albanese Perdana Menteri (PM) Australia mendukung pernyataan bersama G7 yang menekankan perlunya mengurangi ketergantungan perdagangan kepada China. G7 memandang Negeri Tirai Bambu itu sebagai ancaman keamanan ekonomi.

Pada Sabtu (20/5/2023) kemarin, organisasi tujuh negara ekonomi maju di dunia itu merilis sebuah komunike dari Kota Hiroshima yang merujuk pengurangan risiko keterlibatan ekonomi dengan China, sebagai kekuatan ekonomi terbesar kedua dunia.

“Saya mendukung komunike G7 tentang hubungan internasional yang kami miliki di sana,” kata Albanese yang bertemu dengan aliansi Quad di Hiroshima, Sabtu seperti dikutip Antara dari Reuters, Minggu (21/5/2023).

Albanese mengatakan Australia prihatin dengan aktivitas China. Pernyataan tersebut merujuk kepada gangguan pesawat China terhadap sebuah pesawat Australia.

Pada Mei 2022, sebuah pesawat tempur China bertindak membahayakan dengan mencegat sebuah pesawat militer Australia di wilayah Laut China Selatan.

“Kami telah menyatakan keprihatinan kami dulu, kami akan terus melakukannya,” kata Albanese.

“Yang perlu kita lakukan adalah memastikan kita bekerja dengan cara yang dapat meningkatkan perdamaian, keamanan, dan stabilitas di kawasan,” imbuh PM Australia.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri China menyatakan jika negara pimpinan Xi Jinping tegas menentang pernyataan G7, dan telah mengajukan keberatan kepada penyelenggara KTT Jepang.

Sebelumnya, para pemimpin Amerika Serikat, Jepang, India, dan Australia yang tergabung dalam kelompok yang dikenal dengan nama Quad, mengatakan di Hiroshima mereka mencari wilayah di mana tidak ada negara yang mendominasi dan tidak ada negara yang didominasi.

Pernyataan Albanese mengenai dukungannya kepada komunike G7 itu disampaikan pada saat hubungan Australia-China mulai mencair belakangan ini.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs