Minggu, 14 April 2024

Polisi Akan Bangun Monumen Surabaya dengan Ribuan Knalpot Brong Hasil Sitaan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ribuan knalpot brong di Satpas Colombo Surabaya, Sabtu (30/12/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net Ribuan knalpot brong di Satpas Colombo Surabaya, Sabtu (30/12/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Polrestabes Surabaya berencana akan membangun monumen Surabaya dengan menggunakan ribuan knalpot brong yang berhasil disita.

AKBP Arif Fazlurrahman Kasatlantas Polrestabes Surabaya mengatakan, rencana pembuatan monumen itu, sebagai upaya untuk mengingatkan masyarakat agar tidak menggunakan knalpot brong di kendaraannya.

“Kita sepakat tadi, kita nanti akan membuat tugu monumen Suroboyo, sebuah karya seni dari bahan-bahan kenalpot brong ini, agar tidak sia-sia. Ini untuk mengingat, bahwasanya kita menolak knalpot brong di Kota Surabaya,” ucapnya saat berada di Satpas Colombo Surabaya, pada Sabtu (30/12/2023).

Ia mengatakan, konsep awal untuk pembuatan monumen dari itu, rencananya akan dibangun dengan tinggi sekitar 5 meter.

“Tapi kalau memang nanti knalpot brongnya lebih banyak, kita bisa buat ini lebih besar lagi mungkin 10 meter,” katanya.

Dalam pembuatannya, ia mengatakan akan bekerjasama dengan salah seorang seniman lokal asal Jawa Timur untuk merampungkan rencana tersebut.

Sedangkan untuk penempatan, ia mengaku hingga saat ini masih proses diskusi. Meskipun begitu, ia memastikan akan mencari tempat yang menjadi ikon dari Kota Surabaya.

“Di tempat seperti di taman atau di ruas jalan mana yang memang bisa jadi lendmark Kota Surabaya sebagai bentuk ketegasan kita melawan knalpot brong,” ujarnya.

Seperti diketahui, Satlantas Polrestabes Surabaya hingga saat ini, tercatat telah menyita sebanyak 2.064 knalpot brong. Dari seluruh yang diamankan itu, sebanyak 1.348 knalpot disita pada Desember 2023 atau menjelang tahun baru 2024.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
28o
Kurs