Senin, 29 April 2024

Polres Tanjung Perak: Nekat Takbir Keliling Akan Dipulangkan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi. Pawai takbir keliling membawa obor di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2017. Foto: Dok suarasurabaya.net

Polres Pelabuhan Tanjung Perak sudah mengimbau seluruh tokoh masyarakat wilayahnya agar tidak ada aktivitas takbir keliling di Kota Surabaya malam ini, Jumat (21/4/2023).

AKP Muhammad Suud Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak menyebut, patroli akan dilakukan di lima kecamatan yang berada di wilayah hukumnya malam ini untuk menghalau pasukan takbir keliling.

“Berdasarkan koordinasi kita dengan Polrestabes Surabaya dan Pemkot Surabaya, Wali Kota Surabaya sudah mengeluarkan SE agar takbir di masjid tanpa keliling. Ibu Kapolres sudah memimpin apel untuk pengamanan malam ini,” kata Suud dikonfirmasi, Jumat (21/4/2023).

Jika masih ditemukan pasukan takbir keliling arak-arakan akan dipulangkan dan dikembalikan ke masjid masing-masing wilayahnya.

“Takbir dan perayaan Idulfitri yang merayakan Lebaran dan salat sudah kita maping masjid mana aja. Intinya kita mengimbau masyarakat yang takbir keliling persuasif humanis kita arahkan kembali ke kampungnya. Kita akan pandu untuk takbiran ke masjid masing-masing,” bebernya.

Ia memastikan imbauan akan dilakukan dengan cara persuasif.

“Nanti akan keliling di lima kecamatan Kenjeran, Kalianak, Semampir, Asemrowo, dan sebagainya,” imbuhnya.

Tapi sebelumnya, lanjut Suud, Sat Binmas Polres Peabuhan Tanjung Perak sudah mengimbau semua tokoh masyarakat agar tidak melaksanakan takbir keliling.

“Kasatbinmas sudah imbau tokoh masyarakat agar tidak takbir keliling secara preventif,” tambahnya.

Terkait pelaksanaan salat Id besok, Suud menambahkan sementara memastikan tidak ada jalan arteri yang ditutup di wilayahnya.

“Untuk titik-titik salat Id itu, jalan besar gak ada. Titik-titik tertentu jalan tembus, jalan kampung aja, karena masjid kapasitas kecil. Insya Allah gak nutup jalan arteri,” tandasnya. (lta/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs