Senin, 29 April 2024

Presiden Klaim Persiapan Indonesia Menggelar KTT Ke-43 ASEAN Sudah 99 Persen

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan usai meninjau persiapan KTT ke-43 ASEAN, di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengatakan, Indonesia sudah siap menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN, di Jakarta, tanggal 5-7 September 2023.

Walau masih ada detail persiapan yang harus segera dibereskan, RI 1 optimistis forum kerja sama antarnegara kawasan Asia Tenggara itu berjalan lancar sesuai rencana.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi, pagi hari ini, Jumat (1/9/2023), usai meninjau lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Menurut Presiden, persiapan pelaksanaan sudah sekitar 99 persen. Kepala Negara yakin dalam satu atau dua hari ke depan, persiapan mencapai 100 persen.

“Saya melihat persiapan sudah 99,99 persen untuk melaksanakan ASEAN Summit, dan ya ada hal kecil-kecil tadi yang perlu dirampungkan dalam sehari dua hari ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi Presiden menegaskan sejumlah isu akan dibahas dalam KTT ASEAN. Indonesia akan fokus mengupayakan supaya ASEAN bisa jadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

Di tempat yang sama, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI menjelaskan ada 22 negara terdiri dari 11 negara ASEAN dan 9 negara mitra yang akan menghadiri KTT ASEAN di Indonesia.

Kemudian, Indonesia selaku pemegang keketuaan ASEAN juga mengundang dua negara lain yaitu Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), dan Kepulauan Cook sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Menlu RI melanjutkan, Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) juga akan hadir, lalu pimpinan Bank Dunia (World Bank), Dana Moneter Internasional (IMF), dan World Economic Forum.

Rencananya, Presiden RI akan memimpin 12 pertemuan dalam rangkaian kegiatan KTT ke-43 ASEAN tahun ini.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara sahabat yang hadir.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs