Senin, 29 April 2024

Prodi Kedokteran ITS Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Gedung Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Foto: ITS

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi membuka pendaftaran seleksi mahasiswa baru jalur mandiri umum Program Studi (Prodi) Kedokteran, pada 1-6 Agustus 2023.

Mochamad Ashari Rektor ITS mengatakan, dibukanya prodi Kedokteran tersebut sebagai upaya untuk menyelesaikan tantangan di dunia kesehatan, dengan mendidik dan menghasilkan tenaga dokter berkualitas di Indonesia.

“Jumlah dokter masih terbatas dan sebagian besar berdomisili di kota-kota besar di Indonesia. Jumlah dokter di Indonesia masih belum memenuhi standar WHO, idealnya 1:1000,” ucapnya Selasa (1/8/2023).

Ia mengatakan bahwa prodi tersebut dirancang memiliki kualitas unggul yang bisa mencetak para dokter profesional dan adaptif dengan teknologi medis mutakhir, untuk memenuhi kebutuhan kemandirian kesehatan nasional.

“Dokter-dokter milenial pada era Revolusi Industri saat ini dituntut untuk memiliki kompetensi di bidang teknologi seperti artificial intelligence, teknologi nano, data analytics, dan teknologi 3D printing pada bidang medis,” ucapnya.

Sedangkan, untuk Rumah Sakit Pendidikan, ITS menggandeng RSUD Dr. Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto sebagai tempat praktik dokter.

Adhi Dharma Wibawa Wakil Dekan menambahkan, pendaftaran tersebut dibuka setelah memenuhi persyaratan pembukaan prodi kedokteran dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes).

“Alhamdulillah ITS selain mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan juga mendapatkan rekomendasi dari LAMPTKes,” ucapnya.

Sementara itu, Unggul Wasiwitono Kepala Subdirektorat Admisi ITS mengatakan, hasil seleksi akan diumumkan pada 8 Agustus dan peserta yang lolos wajib menjalani tes kesehatan pada 9-10 Agustus. Sedangkan, peserta yang lolos tes kesehatan bisa mendaftar ulang pada 10-12 Agustus 2023.

“Penilaian didasarkan pada nilai rapor serta hasil UTBK para calon peserta didik. Seleksi rapor dari mata pelajaran yang terdiri dari matematika, fisika, kimia, dan biologi. Untuk nilai UTBK tidak ada ketentuan khusus tetapi wajib hasil terbaru, yakni tahun 2023,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa ITS telah menyiapkan 50 kursi untuk diperebutkan oleh para calon mahasiswa baru.

“Karena waktu pendaftaran yang sangat singkat, pada periode kali ini, ITS belum membuka kesempatan penerimaan bagi para peserta KIP Kuliah,” tuturnya. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs