Senin, 27 Mei 2024

PT PAL Tandatangani Kerja Sama Bidang Alutsista dengan Perusahaan UEA

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT PAL Indonesia dengan perusahaan Uni Emirat Arab (UEA) Marakeb Technologies LLC. Foto: PT PAL Indonesia

PT PAL Indonesia tandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan perusahaan lokal Uni Emirat Arab (UEA) Marakeb Technologies LLC di bidang sistem persenjataan untuk proyek Kapal Landing Platform Dock (LPD).

Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan oleh Kaharuddin Djenod CEO PT PAL Indonesia dan Basel Shuhaiber CEO Marakeb Technologies LLC di hari kedua pameran bertajuk International Defence Exhibition & Conference (IDEX) 2023 di Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC) UEA yang diikuti oleh PT PAL Indonesia.

“Kerjasama ini menjadi titik awal kerja sama pengembangan alutsista dengan Uni Emirat Arab,” tutur Kaharuddin Djenod.

Pemerintah Indonesia memiliki peran yang sangat besar dalam pencapaian global PT PAL Indonesia. Kerja sama bilateral tersebut dapat terwujud karena adanya hubungan diplomasi yang terjalin sangat baik antara Indonesia dengan UEA.

Kerja sama ini tidak hanya berfokus pada combat management system & integration, melainkan juga memberikan ruang berkembang bagi kedua belah pihak, khususnya PT PAL Indonesia untuk mengembangkan desain, pengembangan underwater vehicles, dan submarines, serta unmanned surface vehicle.

Selain itu, dengan adanya kerja sama ini akan memperkuat proyek-proyek strategis di wilayah Indonesia, UAE, Asia Timur Tengah dan Afrika.

“Melalui kerja sama ini akan membuka jalan bagi kerja sama di masa depan antara kedua negara maupun dengan negara sahabat lainnya,” imbuh Kaharuddin.

Foto bersama Kaharuddin Djenod CEO PT PAL Indonesia dengan Basel Shuhaiber CEO Marakeb Technologies LLC. Foto: PT PAL Indonesia

Peran PT PAL Indonesia untuk turut serta dalam pemenuhan Alutsista Global telah dibuktikan dengan suksesnya pembangunan kapal jenis LPD untuk Philippines Navy yang lebih dikenal dengan Strategic Sealift Vessel (SSV) pada tahun 2016 dan 2017.

Kemudian, pada 2022 silam DND Philippines kembali memberikan kepercayaan kepada PT PAL untuk membangun kapal jenis yang sama untuk memperkuat alutsista dalam negeri Filipina.

Selain Filipina, ketertarikan negara-ngeara lain kepada produk kapal perang PT PAL semakin menguat seperti negara kawasan Asia Timur Tengah, juga negara-negara sahabat di Asia Tenggara.

Perlu diketahui, PT PAL Indonesia tengah mengikuti ajang pameran internasional di Uni Emirat Arab bertajuk, International Defence Exhibition & Conference (IDEX) 2023 yang berlangsung pada tanggal 20-24 Februari 2023.(ihz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs