Jumat, 26 April 2024

Ramadan Hari Pertama, Ratusan Umat Berbuka di Masjid Rahmat Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para jemaah usai melaksanakan salat Magrib, dan langsung berbuka puasa, Kamis (23/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Ratusan umat berbuka puasa bersama di hari pertama bulan ramadan, Kamis (23/3/2023) di Masjid Rahmat Jalan Kembang Kuning, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Menurut pantauan suarasurabaya.net, para warga terlihat antusias beribadah di masjid tertua di Surabaya itu.

Siti Hanifah Pengurus Takjil di Masjid Rahmat mengatakan bahwa pihaknya telah membagikan 350 nasi bungkus. “Lebih dari estimasi kami yang hanya 250. Alhamdulillah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, makanan yang dibagikan untuk berbuka puasa bersama berasal dari kiriman warga sekitar Masjid Rahmat.

“Makanan dan minuman bebas boleh dari siapa saja. Tetapi dari hari pertama sampai selanjutnya, itu selalu dari warga RW 9 Darmo dan RW 6 Sawahan,” imbuhnya.

Saat salat tarawih pertama yang dilangsungkan, Rabu (22/3/2023) kemarin, Masjid Rahmat juga dipenuhi oleh banyak jemaah, ucap Siti.

“Alhamdulillah, hari pertama banyak sekali. Bukan hanya di masjid sini saja, biasanya hari pertama hingga hari ke 15 itu penuh jemaahnya. Kalau sudah lebih dari 15 hari (berpuasa), sudah sepi.” kata Siti, Kamis (23/3/2023).

Pengurus Masjid Rahmat membersihkan masjid sejak bulan Februari lalu dan melakukan pengecatan ulang untuk menyambut Ramadan tahun ini.

Siti berharap agar sepanjang Ramadan tahun ini, Masjid Rahmat bisa selalu terpenuhi oleh para jemaah. Baik itu untuk beribadah atau menghadiri acara keagamaan.

“Untuk warga yang tinggal di sekitar sini, tetap salat berjamaah. Tidak usah ngenteni (nunggu) tanggal tertentu buat tarawih, karena kita kalau melihat masjid penuh jemaah itu ya jujur senang,” ujar Siti.(abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs