Senin, 29 April 2024

Ratusan Peserta Mudik Balik Gratis Polda Jatim Menuju Jakarta Hari Ini

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Irjen Pol Toni Harmanto Kapolda Jatim (paling kiri) waktu memberangkatkan armada bus program mudik balik gratis Polda Jatim menuju Jakarta, Jumat (28/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Program mudik balik gratis yang digelar Polda Jawa Timur hari ini, Jumat (28/4/2023), memberangkatkan sekitar 785 orang dengan tujuan Jakarta. Mereka dibagi ke dalam 18 armada bus yang berangkat pukul 09.30 WIB.

Para peserta sebelumnya sudah berkumpul di Mapolda Jatim sejak pukul 08.00 WIB. Mereka berada di dalam bus sambil menunggu diberangkatkan.

Sebelum armada bus diberangkatkan, Kombes Pol Muhammad Taslim Dirlantas Polda Atim memberi briefing kepada seluruh sopir bus supaya mengutamakan keselamatan penumpang.

“Keselamatan penumpang harus diutamakan seperti kalian menjaga keluarga sendiri,” kata Taslim kepada semua sopir di Mapolda Jatim, Jumat (28/4/2023).

Kombes Pol Muhammad Taslim Dirlantas Polda Jatim waktu memberi briefing kepada sejumlah sopir mudik gratis, Jumat (28/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sementara itu Irjen Pol Toni Harmanto Kapolda Jatim menjelaskan kalau tujuan program mudik balik ini untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan. Terutama untuk mengakomodasi masyarakat yang menempuh perjalanan jarak jauh.

Toni menyebut sampai hari ini, pihak Polda dan Polres jajaran telah menyediakan 112 bus yang sudah siap diberangkatkan dengan total 5.143 orang.

“Keberangkatan dilakukan secara bertahap sampai H+6 arus balik nanti,” kata Toni.

Polisi berpangkat jenderal bintang dua itu juga menuturkan kalau situasi arus balik gelombang di Jatim ini relatif landai di sejumlah lalu lintas.

Namun dalam arus mudik kemarin, Toni mengatakan ada kepadatan lalu lintas di simpang empat Mengkreng, Kediri. Sebab kawasan itu merupakan pertemuan empat jalur kendaraan serta dua perlintasan kereta api.

“Satu hari di daerah Mengkreng ada 34 kali kereta api lewat, pasti ada kepadatan. Tapi tahun ini InsyaAllah seperti di Batu-Malang tidak sampai ada kepadatan yang berkepanjangan dengan sistem one way yang kita pakai,” tutur Toni.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs