Senin, 6 Mei 2024

Ratusan Purnawirawan TNI AL Rayakan HUT PPAL dengan Berlayar untuk Kenang Masa Tugas

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ratusan anggota PPAL merayakan HUT PPAL ke-37 di atas KRI dr. Soeharso 990, Rabu (30/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ratusan anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-37 dengan berlayar di perairan alur pelayaran barat Surabaya dari Dermaga Ujung Koarmada II, Rabu (30/9/2023).

Pantauan suarasurabaya.net, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso 990 yang ditumpangi ratusan anggota PPAL mulai berlayar pukul 09.00 WIB.

Sepanjang perjalanan, diisi sejumlah seremonial syukuran mulai sambutan petinggi-petinggi TNI aktif maupun purnawirawan.

Laksamana TNI Purnawirawan Siwi Sukma Adji Ketua Umum PPAL yang memimpin acara menyampaikan, peringatan ini pertama kali diselenggarakan di Jawa Timur.

“Ini adalah syukuran purnawirawan angkatan laut. Kita laksanakan dua kali. 17 Agustus lalu di Jakarta dengan purnawirawan di wilayah barat. Sekarang, di wilayah Surabaya dan Jawa Timur,” kata Siwi pada Rabu (30/8/2023).

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Ketum PPAL membuka acara, Rabu (30/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Siwi menyebut, gelaran peringatan HUT PPAL ini sekaligus jadi ajang reuni anggota seperjuangan.

“Ini salah satu mengulang kebersamaan. Mereka mengenang kembali mungkin sudah hampir 40-50 tahun gak ketemu temannya. Silaturahmi kebangsaan ini yang harus kita bangun,” jelasnya.

Untuk mengenang masa tugas, sekaligus dilaksanakan berlayar singkat di perairan alur pelayaran barat Surabaya dari Dermaga Ujung Koarmada II.

“Yang saya kangeni tentu ada, ingat anak buah saya bagaimana mereka membantu dalam rangka tugas. Ini juga mengingatkan memori saya pernah jadi komandan kapal. Saya juga akan melakukan yang terbaik kepada anak buah saya,” tandasnya.

Momen PPAL berfoto saat kapal berlayar, mengenang masa tugas usai purna, Rabu (30/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Untuk diketahui, HUT PPAL ke-37 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI yaitu pada tanggal 17 Agustus 2023. Namun perayaan di Jawa Timur baru digelar hari ini.

Total ada 350 pengurus dan anggota PPAL di wilayah Surabaya serta ketua rayon-rayon di wilayah PPAL 5 Surabaya yang ikut peringatan hari ini.

Acara juga dihadiri sejumlah petinggi TNI, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono Wakasal, Pangkoarmada II, Dankodiklatal, Gubernur AAL, Danpuspenerbal, Danpasmar 2, Komandan STTAL, Kepala RSPAL dr. Ramelan, Kadispsial, dan beberapa mantan Kasal. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs