Jumat, 29 Maret 2024

Ribuan WNI di Qatar Gelar Salat Idulfitri

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ribuan WNI di Qatar menggelar Shalat Idul Fitri di Sekolah Thareq Bin Ziyad (TBZ), Doha, Jumat (21/4/2023). Foto: KBRI Doha

Ribuan warga negara Indonesia (WNI) menggelar Salat Idulfitri di Sekolah Thareq Bin Ziyad (TBZ) di Doha, Qatar pada Jumat (21/4/2023).

Antara melaporkan, salat itu diikuti oleh WNI dari berbagai latar belakang di antaranya pekerja rumah tangga, pekerja ladang, serta para ekspatriat yang bekerja di sektor migas, itu adalah kali pertama setelah enam tahun terakhir masyarakat Indonesia di Qatar tidak melaksanakan Salat Id bersama dalam skala yang masif.

Ridwan Hassan Duta Besar RI untuk Qatar–dalam pesan yang disampaikan oleh Koordinator Fungsi Pendidikan, Sosial, dan Budaya KBRI Doha Ali Murtado–mengingatkan kembali pentingnya setiap WNI di Qatar merawat kebersamaan dan tenggang rasa.

Dubes Ridwan Hassan sendiri berhalangan hadir dalam Salat Id karena pada saat yang sama harus memenuhi undangan Amir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al Thani.

“Yang terindah dari Idulfitri adalah pesan maaf, kebersamaan, dan tenggang rasa. Hari ini kita merasakannya,” kata Dubes Ridwan.

Kegiatan WNI di Qatar selama Ramadhan terbilang padat. Sejak sebelum Ramadhan, KBRI bekerja sama dengan Indonesian Muslim Society in Qatar (IMSQA) dan kelompok masyarakat lain seperti Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) di Qatar telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti tarhib Ramadan, festival Ramadhan, Nuzulul Quran, pelayanan kesehatan, bakti sosial, dan bazar.

“Kolaborasi yang sangat baik seperti ini tidak boleh berhenti dengan berakhirnya Ramadhan. Bulan Ramadhan boleh berlalu, tetapi warisan yang pernah ditinggalkan Ramadhan tidak boleh hilang,” tutur Ridwan.

Sesuai penetapan Kantor Kementerian Urusan Agama Islam dan Wakaf (Awqaf) Qatar, Idulfitri di negara tersebut jatuh pada Jumat, 21 April 2023.(ant/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs