Jumat, 3 Mei 2024

Riset SSC: Nama Eri Cahyadi Masuk Tiga Besar Bursa Cagub Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Berdasarkan hasil riset Surabaya Survey Center (SSC), nama Eri Cahyadi masuk dalam daftar kandidat calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim).

Surokim Abdussalam Peneliti Senior SSC, mengungkapkan, elektabilitas Wali Kota Surabaya itu berada di tiga besar kandidat Cagub Jatim dengan perolehan angka 18,4 persen, dalam bursa cagub.

Angka elektabilitas Eri Cahyadi itu menempel ketat pendahulunya Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya, yang sekarang menjabat Menteri Sosial RI dengan perolehan elektabilitas Cagub sebesar 19,8 persen.

“Memang Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim masih memuncaki survei elektabilitas dengan 36,3 persen,” kata Surokim, Kamis (13/7/2023).

Sementara itu, sederet nama-nama yang juga berpotensi dalam bursa Cagub antara lain Emil Elestianto Dardak Wagub Jatim (petahana) sebesar 11,3 persen, Syaifullah Yusuf Wali Kota Pasuruan 3,3 persen, Anwar Sadat Wakil Ketua DPRD Jatim 2,4 persen, Kusnadi Ketua DPRD Jatim 1,8 persen, dan Achmad Fauzi Bupati Sumenep 1,6 persen.

Selanjutnya, berdasarkan fakta empirik, Surokim mengomentari elektabilitas Khofifah yang mencapai 36 persen itu bukanlah angka yang aman bagi seorang petahana.

“Dengan fakta tersebut, di gelaran Pilgub 2024, Baik Risma, Eri dan Emil akan menjadi penantang serius buat Khofifah. Apalagi, jika dalam waktu tersisa menjelang 2024 Khofifah tidak bisa melahirkan program-program terobosan yang bisa merebut hati pemilih.” pungkas Surokim.

Selain meneliti soal Cagub Jatim, SSC juga melakukan riset terhadap nama-nama yang berpotensi maju sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dalam Pemilu 2024 mendatang. Hasilnya, nama Emil Elestianto Dardak masih menduduki posisi puncak dengan elektabilitas sebesar 34,4 persen.

Menurut Ikhsa Rosidi yang juga Peneliti SSC, kokohnya nama Emil di bursa Cawagub 2024 tidak terlepas dari exposure positif media massa maupun media sosial.

“Popularitas Emil juga meningkat seiring dengan kepuasan warga Surabaya terhadap kinerja Emil yang tetap tinggi,” kata Ikhsan.

Dari survei elektabilitas Cawagub, Emil ditempel ketat Eri Cahyadi dengan 17,1 persen dan Tri Rismaharini dengan 11,5persen. Kemudian diikuti Anwar Sadat dengan 6,3 persen, dan Syaifullah Yusuf lima persen.

“Sementara, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, Achmad Fauzi dengan 4,1 persen, Kusnadi dengan 3,8 persen, Puti Guntur S dua persen, Abd. Halim Iskandar dan M. Sarmuji masing-masing 1,5 persen dan 1,3 persen,” jelas Ikhsan.

Sebagai informasi, SSC merupakan lembaga survei yang bernaung di bawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007.

Sedangkan hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan mulai tanggal 20-30 Juni 2023 di 31 Kecamatan Kota Surabaya.

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.(wld/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs