Minggu, 3 Maret 2024

RPH Surabaya Prediksi Penjualan dan Jasa Potong Hewan Kurban Naik 10 Persen Tahun Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hewan kurban dari Joko Widodo Presiden telah diserahkan kepada panitia kurban Masjid Nasional Al Akbar, Kota Surabaya, Jumat (31/7/2020). Foto: Purnama suarasurabaya.net

Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya memprediksi penjualan dan jasa potong hewan kurban pada momen Hari Raya Iduladha tahun ini meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

Menurut Fajar Arifianto Isnugroho Direktur Utama (Dirut) RPH Surabaya, prediksi ini seiring dengan kondisi pandemi yang mulai stabil serta ekonomi yang membaik.

“Penjualan hewan kurban bertambah, tahun lalu 140 nambah 10 persen atau sekitar 155 ekor. Jasa pemotongan 200 pada tahun lalu, tahun ini diperkirakan meningkat 10 persen atau sekitar 220,” kata Fajar, Senin (19/6/2023).

Menjelang Iduladha, tepatnya 29 Juni 10 Zulhijah 1444 H, RPH Surabaya sudah kedatangan sapi kurban mulai dari Madura, Blitar, Jember hingga Banyuwangi.

“Kita menyiapkan hewan kurban yang baik untuk warga Surabaya. Kita fasilitasi, pesan dari wali kota untuk menyediakan sapi untuk beliau,” kata Fajar.

Sampai saat ini, sudah ada 50 sapi kurban di RPH dan dipastikan semua dalam kondisi sehat. Fajar memastikan, sebelum masuk, hewan kurban akan diperiksa terlebih dahulu oleh Dinas Kelautan Perikanan dan Perternakan (DKPP) serta telah memenuhi persyaratan kesehatan.

Selain itu, RPH juga bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Surabaya untuk memberikan diskon kepada takmir masjid. Tujuannya, membantu takmir mendapatkan kualitas sapi terbaik sekaligus jasa pemotongan.

“Takmir yang tergabung DMI dapat potongan harga, vouchernya di DMI dibawa ke RPH, lalu ada pembelian sapi atau jasa potong. Diskon pembelian sapi berkisar Rp 250 ribu per ekor, jasa potong Rp 100 ribu,” tandasnya. (lta/fra/rst )

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
31o
Kurs