Senin, 22 April 2024

Rupiah Turun Seiring Keputusan BI Tahan Suku Bunga Acuan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas menghitung uang rupiah dan dolar AS di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, KCU Melawai, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Foto: Antara

Rupiah di akhir perdagangan hari ini turun seiring keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menahan suku bunga acuannya di level enam persen.

“Saat ini pelaku pasar mencermati hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia,” kata Taufan Dimas Hareva analis ICDX, Kamis (21/12/2023) dilansir Antara.

Pada penutupan perdagangan Kamis, rupiah menurun 14 poin atau 0,09 persen menjadi Rp15.525 per dolar AS dari penutupan sebelumnya sebesar Rp15.511 per dolar AS.

Begitu pula dengan Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis yang melemah ke level Rp15.533 per dolar AS dari posisi sebelumnya Rp15.512 per dolar AS.

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada 20-21 Desember 2023, memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya atau BI-Rate sebesar enam persen. Sementara suku bunga deposit facility dipertahankan sebesar 5,25 persen, dan suku bunga lending facility juga tetap sebesar 6,75 persen.

Keputusan Bank Indonesia mempertahankan BI-Rate pada level enam persen tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability, yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar rupiah.

Keputusan tersebut dilakukan untuk mendukung langkah pre-emptive dan forward looking, untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5 plus minus satu persen pada 2024.

Selain itu, pergerakan rupiah juga dipengaruhi spekulasi pasar terhadap kemungkinan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed mulai memangkas suku bunga acuannya pada 2024. Hal itu dapat membuat tekanan pada kinerja dolar AS sehingga dapat menguatkan kinerja rupiah.

Pasar mengantisipasi The Fed untuk mempertahankan suku bunga acuannya tetap stabil pada pertemuan bulan Januari 2024, namun dapat mulai menurunkan suku bunga pada bulan Maret 2024. (ant/feb/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 22 April 2024
26o
Kurs