Senin, 27 Mei 2024

Rupiah Tergelincir Sembilan Poin Jadi Rp15.520 per Dolar pada Kamis Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (21/12/2023) pagi, tergelincir sembilan poin atau 0,06 persen menjadi Rp15.520 per Dolar AS dari sebelumnya Rp15.511 per Dolar AS.

Josua Pardede Kepala Ekonom Bank Permata mengatakan, Rupiah bergerak sideways atau mendatar di awal perdagangan Kamis, menjelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) hari ini.

“Rupiah diperdagangkan sideways menjelang rapat terakhir Bank Indonesia tahun 2023 hari ini,” kata Josua di Jakarta.

Dilansir dari Antara, Josua memperkirakan Bank Indonesia akan terus mempertahankan suku bunga kebijakan pada level enam persen di tengah sikap Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed yang relatif dovish pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) terbaru.

Hal itu juga mempertimbangkan kondisi bahwa surplus perdagangan Indonesia berlanjut, dan inflasi domestik terkendali. Surplus neraca perdagangan Indonesia pada November 2023 sebesar 2,41 miliar Dolar AS, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada Oktober 2023 sebesar 3,47 miliar Dolar AS.

Inflasi pada November 2023 tetap terjaga dalam kisaran sasaran tiga plus minus satu persen. Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) November 2023 tercatat sebesar 0,38 persen secara month to month (mtm), sehingga secara tahunan menjadi 2,86 persen year on year (yoy).

Ia memproyeksikan, nilai tukar Rupiah berpotensi berada di rentang Rp15.450 per Dolar AS hingga Rp15.550 per Dolar AS. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs