Kamis, 2 Mei 2024

Rusia Kerahkan Jet Tempur Cegat Pesawat Nirawak AS di Atas Laut Hitam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Arsip foto - Gambar yang diambil dari video dan disiarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia, memperlihatkan dua pesawat perang Prancis Mirage 2000 dan Rafale dilacak oleh jet tempur Rusia Su-27 di ruang udara internasional di atas Laut Hitam, Kamis (9/12/2021) Foto : Antara

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia, pada Sabtu (5/8/2023), mengatakan telah mengerahkan jet tempur Su-30 setelah mendeteksi sebuah kendaraan udara nirawak (UAV) MQ-9A Reaper dari Amerika Serikat (AS) mendekati Laut Hitam.

Angkatan Udara Rusia meluncurkan jet tempur itu untuk tugas pertahanan udara, serta mengidentifikasi target dan mencegah pelanggaran perbatasan negara.

“Awak tempur pesawat Rusia mengidentifikasi target di udara sebagai UAV pengintai MQ-9A Reaper milik Angkatan Udara AS,” tulis Kemenhan Rusia dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara dari kantor berita Anadolu, Minggu (6/8/2023).

Kemenhan Rusia mengklaim, setelah didekati jet tempur Su-30, UAV itu dilaporkan langsung mundur dari perbatasan.

“Jet tempur Rusia kembali ke pangkalan dengan aman, tidak membiarkan adanya pelanggaran perbatasan negara Federasi Rusia. Penerbangan pesawat Rusia dilakukan sesuai aturan internasional yang mengatur penggunaan perairan netral di wilayah udara,” lanjut keterangan tersebut.

Sebelumnya pada 14 Maret 2023 lalu, Komando Eropa AS (EUCOM) mengumumkan dua pesawat Su-27 milik Rusia mengganggu UAV MQ-9 AS di atas Laut Hitam, sebelum jatuh ke perairan internasional.

Sementara Kemenhan Rusia merespon hal itu dan mengatakan, UAV MQ-9 AS melanggar area terlarang sementara yang diberitahukan kepada semua pengguna wilayah udara karena “operasi militer khusus Ukraina”, yang diklaim sesuai dengan standar internasional. (ant/dvn/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs