Jumat, 26 April 2024

Sambut Waisak, Kemenag Sambut Perjalanan 31 Bhante Thudong ke Candi Borobudur

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pelepasan keberangkatan para Bhante Thudong asal Thailand yang akan berjalan dari Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, menuju Candi Borobudur, Kamis (11/5/2023). Foto: Kemenag

Supriyadi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha melepas keberangkatan 31 Bhante Thudong dari Thailand untuk melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur, Kamis (11/5/2023).

Thudong merupakan perjalanan ritual para Bhante atau biksu yang dilakukan dengan berjalan kaki ribuan kilometer. Mereka memulai perjalanan ini pada 23 Maret 2023 dari Nakhon Si Thammarat, Thailand, melewati Malaysia, Singapura, dan tiba di Batam pada 8 Mei 2023 lalu.

Sebelumnya, Dirjen Bimas Buddha menyambut para Bhante Thudong di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat. Supriyadi mengucapkan terima kasih pada panitia atas kerja kerasnya sehingga kegiatan yang telah dirancang cukup lama ini, dapat berjalan dan berlangsung dengan baik juga lancar.

Supriyadi mengatakan, bahwa hubungan antara Indonesia dan Thailand cukup baik. Melihat dari yang sebelumnya, Sangharaja pernah menyerahkan dua Rupam Buddha untuk vihara di Indonesia.

“Itulah sebagai bukti kelanjutan kerja sama yang baik antara pemerintah Thailand dan Indonesia,” ungkapnya.

Dirjen Bimas Buddha berharap, perjalanan menuju Candi Borobudur dapat berlangsung dengan lancar dalam lindungan para Buddha Bodhisattva.

“Semoga tekad bapak dan ibu semua bisa menjadikan seluruh harapan dapat diraih dan dijadikan sebagai pemahaman atas kita dalam menyambut dan memperingati Tri Suci Waisak. Detik-detik Waisak di Indonesia akan dirayakan pada pukul 10.40 WIB,” harap Supriyadi mengutip dari laman resmi Kemenag.

Sementara Bhante Dhammavuddho menjelaskan, bahwa Thudong merupakan tradisi berjalan yang sudah berlangsung sejak dahulu.

“Jadi dalam setahun, mereka akan berjalan seperti ini selama empat bulan untuk melaksanakan tradisi ini. Kebetulan karena di Indonesia ada Candi Borobudur, bertepatan Hari Raya Waisak, dan mereka jalan dari Thailand,” terangnya.

Sebelum dilepas keberangkatannya, para Bhante melakukan puja bakti di Cetiya Jambala Jaya. Mereka menerima Pindapata dari pegawai Bimas Buddha dan pegawai lainnya.

Kemudian para Bhante melanjutkan perjalanan dari Kantor Kemenag menuju ke Candi Borobudur dengan melewati jalan raya Bekasi, Cirebon, Semarang dan sampai di Magelang. Mereka akan mengikuti perayaan Waisak 2567 BE/2023 pada 4 Juni 2023.

Emilia Eny Utari Perwakilan Manajemen PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, mengatakan agenda seperti ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Perayaan Waisak tahun ini menjadi berbeda seiring kegiatan spiritual Thudong yang baru pertama kali.

“Kami dari manajemen candi tentunya sangat memberikan apresiasi dan nanti pada saat tiba di Candi Borobudur, kami dari Manajemen, Direksi akan menyambut khusus, untuk sekaligus bisa memberikan kesempatan, melakukan puja, naik ke Candi Borobudur. Nanti kita akan atur. Mudah-mudahan semua apa yang menjadi harapan bhante peserta Thudong bisa mendapatkan kelancaran tiba dengan selamat, sehat selalu,” kata Emilia Eny Utari.(abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs