Jumat, 19 April 2024

Ketua DPR: Waisak Momentum Memperkuat Saling Membantu dan Menjaga Kerukunan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI. Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI mengucapkan selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh Umat Buddha di Indonesia.

Memperingati Waisak 2566 BE, Puan mengajak Umat Buddha memperkuat nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia dengan bentuk implementasi saling mengutakan, saling membantu dan menjaga kerukunan.

sekaligus merefleksikan ajaran-ajaran Sidharta Buddha Gautama dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, ajaran Buddha yang berisi nilai-nilai universal, falsafah kehidupan mendalam, serta pencerahan tentang hakekat dan makna kehidupan umat Buddha sejati, sesuai dengan tema Waisak Nasional 2022 ‘Moderasi untuk Indonesia Bahagia’.

“Secara garis besar Waisak tahun ini mengingatkan kita semua untuk lebih serius, terus menjaga dan memelihara kerukunan atau moderasi antarumat beragama,” ujarnya di Jakarta, Senin (16/5/2022).

Legislator PDI Perjuangan itu menjelaskan, nilai-nilai universal dharma Sang Buddha sangat penting dalam membangun bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

“Saya mengajak Saudara-saudara Umat Buddha untuk merenungkan kembali apa yang sudah disampaikan Sang Buddha, dan menebarkan kebaikan kepada sesama,” imbuhnya.

Mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu juga menambahkan, Waisak tahun ini masih dalam keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, ajaran Buddha untuk saling membantu sesama di masa sulit sangat relevan.

“Pendidikan Buddhist dengan tujuan keadilan sosial dan perdamaian dunia adalah sebuah tekad yang ingin dibentuk oleh umat Buddha,” tegasnya.

Lebih lanjut, Puan juga menekankan tentang pentingnya moderasi dalam beragama.

“Marilah kita amalkan dan jalani kehidupan beragama dengan cara yang berkeadaban, yaitu dengan hormat-menghormati satu sama lain,” timpalnya.

Cucu Bung Karno Proklamator itu pun mengajak seluruh Umat Buddha Tanah Air menjadikan peringatan Hari Suci Waisak tahun ini sebagai momentum membangun nilai-nilai luhur bangsa untuk tetap menjaga sesanti yang tertulis dalam Kitab Sutasoma, Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

“Selamat merayakan Tri Suci Waisak. Semoga semua makhluk selalu hidup tenang, tentram dan berbahagia,” tandasnya.(rid/wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs