Rabu, 15 Mei 2024

Sebagian Besar Wilayah Jatim Hari Ini Berpotensi Hujan Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) diguyur hujan seharian ini.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dapat terjadi mulai, Senin (3/4/2023) pagi hingga Selasa (4/4/2023) dini hari.

Pagi hari, hujan akan mengguyur Kota Kediri, Malang, Batu, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Jombang, Blitar, Kediri, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Sementara hujan pada siang sampai sore diprediksi mengguyur wilayah Kota Surabaya, Mojokerto, Madiun, Kediri, Malang, Batu, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Bangkalan.

Pada Senin malam yang berpotensi turun hujan yakni Kabupaten Lamongan, Probolinggo, Jember, Situbondo dan Banyuwangi. Sedangkan pada Selasa dini hari, kawasan yang diprediksi hujan hanya Kabupaten Situbondo.

Suhu udara hari ini berkisar 14 – 33 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 60-100 persen. Angin akan berhembus dari arah Barat Daya ke Barat dengan kecepatan mencapai lima sampai 30 kilometer per jam.

Adapun untuk kondisi cuaca seluruh perairan Jatim, diprediksi BMKG Maritim Tanjung Perak akan diguyut hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kondisi angin didominasi dari arah Barat ke Barat Laut, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 16 knots (29 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 17 knots (31 kolometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.5 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 meter.

Masyarakat yang beraktivitas di perairan maupun pesisir juga diimbau agar mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter, di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
32o
Kurs