Minggu, 14 April 2024

Sempat Hilang di Mina, Jemaah Haji Asal Probolinggo Dimakamkan di Makkah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Rumah Sakit An-Noor, Makkah, Arab Saudi. Foto: shula.news

Jemaah haji Indonesia asal Probolinggo yang sempat dilaporkan hilang di Mina, Arab Saudi, ditemukan meninggal dunia pada Selasa (11/7/2023). Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengungkapkan jika jenazah telah dikebumikan di Makkah.

Niron bin Sunar, sebelumnya ditulis Miron Sunar Suna (60), dilaporkan hilang setelah prosesi lempar jumroh pada Kamis (29/6/2023) lalu. Ia terpisah dari rombongan saat melintasi terowongan yang mengarah ke jamarat.

“​​Niron bin Sunar, hari ini, 11 Juli 2023, jemaah tersebut telah ditemukan dan dikebumikan,” kata Harun Al-Rasyid Kepala Bidang Pelindungan Jemaah PPIH Arab Saudi dilansir laman resmi Kementerian Agama, Rabu (12/7/2023) dini hari.

Kabid Pelindungan Jemaah PPIH Arab Saudi Harun Al Rasyid. Foto: kemenag.go.id

Harun menyebut, proses pencarian sudah dilakukan sejak mendiang Niron dilaporkan hilang. PPIH melakukan pencarian dengan berfokus ke tiga titik, yakni kantor polisi yang membawahi wilayah Mina, ruang penyimpanan jenazah Mu’aisihim, dan RS An-Noor di Makkah.

Dalam proses pencarian di kepolisian Mina itu, Harun mendapat kiriman pesan yang menginformasikan bahwa ada jenazah dengan ciri-ciri seperti Niron itu berada di RS An-Noor.

Setelah melakukan pengecekan, Harun dan tim kemudian berkoordinasi dengan ketua kloter dan istri almarhum. Petugas PPIH bersama keluarga almarhum dan maktab, lalu menuju ke ruang jenazah.

“Di situ, istri almarhum telah melihat ciri-ciri khusus yang melekat pada diri jenazah. Beliau memastikan bahwa itu adalah jenazah suaminya,” jelas Harun.

Setelah itu PPIH melakukan pengecekan lebih akurat terkait paspor, visa, hingga sidik jari. Setelah ada kepastian, tim bermusyawarah dengan pihak keluarga agar jenazah bisa diurus serta segera disalatkan dan dikebumikan.

“Setelah bernegosiasi, jenazah bisa langsung dimandikan di mighsalah (tempat pemandian jenazah). Tanpa kita sangka, pihak maktab beserta pengurus yang ada di Arab Saudi merespon keinginan kita dan keluarga membawa jenazah tersebut ke Masjidilharam,” ucap Harun.

Harun menambahkan, mendiang Niron disalatkan pada selepas salat magrib, Selasa kemarin. “Setelah disalatkan, jenazah kita bawa ke tempat pemakaman yang ada di daerah Soraya,” ungkapnya.

Selain Niron, saat ini PPIH Arab Saudi juga masih mencari dua jemaah yang belum ditemukan, yakni Idun Rohim Zen (87) dari Embarkasi Palembang Kloter 20 (PLM 20) dan Suharja Wardi Ardi (69) dari Embarkasi Kertajati Kloter (KJT 10). (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
30o
Kurs