Rabu, 1 Mei 2024

Seorang Jemaah Haji Asal Kangean Meninggal Dunia di Mekkah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Petugas medis di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah, Arab Saudi, merawat pasien. Foto: Kemenkes

Seorang jemaah haji asal Kabupaten Sumenep Madura, bernama Bhunidhi Sahumi Samit, meninggal dunia setelah sempat dirawat di Rumah Sakit King Faishal Mekkah, Arab Saudi.

“Almarhum tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8 dan berusia 75 tahun. Meninggal karena sakit dan sempat dirawat di rumah sakit,” kata Muh Rifai Hasyim Plt Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, di Sumenep, Sabtu (10/6/2023).

Ia menjelaskan, almarhum termasuk calon haji dengan risiko tinggi, karena berusia 75 tahun.

“Almarhum berangkat bersama cucunya. Almarhum tercatat warga Dusun Temor Lorong, Desa Angkatan, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Sejak tiba di Madinah, kata dia, almarhum sakit dan langsung dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) setempat.

Petugas lalu membawa almarhum ke rumah sakit (RS) di Madinah, karena membutuhkan perawatan intensif.

Petugas akhirnya membawa almarhum dari Madinah ke RS King Faishal Mekkah dengan mobil ambulans, untuk menjalani perawatan medis.

“Almarhum mengalami sesak nafas dan kadar Hb (hemoglobin) rendah. Almarhum dishalatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di Mekkah,” demikian Muh Rifai Hasyim.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs