Minggu, 25 Februari 2024

Setelah Dilakukan Water Bombing 46 Kali, Karhutla Bukit Teletubbies Bromo Mulai Padam

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas gabungan waktu melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Gunung Bromo, Senin (11/9/2023). Foto: BPBD Jatim

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bukti Teletubbies Gunung Bromo, Jawa Timur mulai padam setelah helikopter BNPB melakukan water bombing atau pemadaman melalui udara sebanyak 46 kali sepanjang hari ini, Senin (11/9/2023).

Operasi udara ini menggunakan helikopter BNPB Superpuma PK-DAN yang telah mengangkut air sebanyak 184.000 liter selama melakukan proses pemadaman.

Seperti diketahui, pada Minggu (10/9/2023) kebakaran sempat meluas hingga ke arah Kabupaten Malang dan Lumajang. Meski hari ini dilaporkan sudah mulai padam, namun petugas masih melihat beberapa asap dari bara api yang tersimpan di tanah dan pohon yang terbakar.

Supaya memastikan titik api sudah padam, Gatot Soebroto Kepala Pelaksana BPBD Jatim bersama Hendro Widjanarko Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memimpin operasi pemadaman dan pembasahan di sejumlah titik di kawasan Gunung Bromo.

“Sebagaimana arahan Ibu Gubernur (Khofifah), kita ingin memastikan bahwa api dan asap di Gunung Bromo ini benar-benar padam,” ujar Gatot, Senin (11/9/2023).

Titik pemadaman yang dijangkau dalam operasi ini antara lain di area Krajan, Ngadireji, Kecamatan Sukapura, area Gedong, Sariwani, Kecamatan Sukapura, Bukit Plentong Kabupaten Malang dan kawasan Jemplang Watu Gede, Kabupaten Malang.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
31o
Kurs