Minggu, 28 April 2024

Setelah Dilakukan Water Bombing 46 Kali, Karhutla Bukit Teletubbies Bromo Mulai Padam

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas gabungan waktu melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Gunung Bromo, Senin (11/9/2023). Foto: BPBD Jatim

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bukti Teletubbies Gunung Bromo, Jawa Timur mulai padam setelah helikopter BNPB melakukan water bombing atau pemadaman melalui udara sebanyak 46 kali sepanjang hari ini, Senin (11/9/2023).

Operasi udara ini menggunakan helikopter BNPB Superpuma PK-DAN yang telah mengangkut air sebanyak 184.000 liter selama melakukan proses pemadaman.

Seperti diketahui, pada Minggu (10/9/2023) kebakaran sempat meluas hingga ke arah Kabupaten Malang dan Lumajang. Meski hari ini dilaporkan sudah mulai padam, namun petugas masih melihat beberapa asap dari bara api yang tersimpan di tanah dan pohon yang terbakar.

Supaya memastikan titik api sudah padam, Gatot Soebroto Kepala Pelaksana BPBD Jatim bersama Hendro Widjanarko Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memimpin operasi pemadaman dan pembasahan di sejumlah titik di kawasan Gunung Bromo.

“Sebagaimana arahan Ibu Gubernur (Khofifah), kita ingin memastikan bahwa api dan asap di Gunung Bromo ini benar-benar padam,” ujar Gatot, Senin (11/9/2023).

Titik pemadaman yang dijangkau dalam operasi ini antara lain di area Krajan, Ngadireji, Kecamatan Sukapura, area Gedong, Sariwani, Kecamatan Sukapura, Bukit Plentong Kabupaten Malang dan kawasan Jemplang Watu Gede, Kabupaten Malang.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs