Senin, 6 Mei 2024

Suhartoyo Resmi Menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Suhartoyo Hakim Konstitusi MK. Foto: Mahkamah Konstitusi

Suhartoyo Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) terpilih, Senin (13/11/2023), mengucapkan sumpah jabatan, di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dari total sembilan Hakim Konstitusi, hanya Anwar Usman yang tidak hadir dalam prosesi pengucapan sumpah jabatan Ketua MK.

Berbeda dengan pelantikan Anwar Usman dua tahun lalu, kali ini tidak ada presiden dan menteri yang menyaksikan langsung proses pelantikan.

Beberapa yang hadir di lokasi antara lain Jimly Asshiddiqie Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK), dan Bintan Saragih Anggota MKMK.

Lalu, Amzulian Rifai Ketua Komisi Yudisial, Hasyim Asy’ari Ketua Komisi Pemilihan Umum RI, dan Ridwan Mansyur calon Hakim Konstitusi dari unsur yudisial.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua MK dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” kata Hakim Suhartoyo.

Seperti diketahui, Kamis (9/11/2023), MK menggelar rapat pleno pemilihan pimpinan baru, merespons putusan MKMK yang memberhentikan Anwar Usman.

Sesudah sembilan hakim melakukan rapat tertutup, Suhartoyo yang sudah menjadi Hakim Konstitusi dari Januari 2015 terpilih sebagai Ketua MK.

Suhartoyo terpilih berdasarkan musyawarah mufakat sesuai Peraturan MK Nomor 6 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK.

Saldi Isra yang namanya sempat masuk daftar calon Ketua MK tetap menjabat sebagai Wakil Ketua MK.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs