Minggu, 28 April 2024

Sumpah Dokter Pertama UC, Harapkan Mampu Memberi Inovasi Kesehatan dan Sosial

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana sumpah dokter pertama di Universitas Ciputra (UC) Surabaya, pada Rabu (10/5/2023). Foto: UC

Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya menyelenggarakan pengambilan sumpah dokter pertama tahun 2023 di Dian Auditorium UC Surabaya, Rabu (10/5/2023).

Dalam sumpah dokter tersebut, 19 mahasiswa lulusan FK UC resmi menyandang gelar sebagai dokter. Yang mana, sebelumnya mereka juga telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

Hudi Winarso Dekan FK UC mengatakan, nantinya para lulusan itu akan menjalani program internship terlebih dahulu selama satu tahun sebelum memiliki hak untuk mengajukan surat izin praktik secara mandiri.

“Untuk kegiatan intership, 40 persen dokter baru UC memilih di penempatan di Indonesia Timur,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa FK UC mengedepankan Preventive in Medicine dan Entrepreneurship dalam kinerjanya, sehingga ia ingin lulusan dokter dari UC tersebut dapat memberikan pencegahan terhadap suatu penyakit. “Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi diupayakan tidak timbul penyakit yang lebih parah,” ujarnya.

“Untuk sisi Entrepreneurship, diharapkan lulusan FK UC mampu memberikan inovasi. Inovasi disini adalah inovasi disisi sosial,” tambah Hudi.

Sementara itu, Yohannes Somawihardja Rektor UC, ingin agar dokter-dokter baru UC tersebut menjadi dokter yang memiliki kualitas IPE, yakni Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship, yang menurutnya merupakan nilai utama dari UC.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan pesan Ciputra saat mencanangkan pendirian FK UC.

“Bahwa diharapkan untuk tiap dokter baru ini bisa menerapkan sisi entrepreneurship yang selalu peka terhadap kebutuhan, masalah yang ada di sekitar, kemudian memberikan solusi,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia menantang para dokter baru dari UC tersebut untuk bisa menjadi pahlawan kesehatan yang bisa diandalkan masyarakat yang paling tidak berdaya sekalipun. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs