Sabtu, 27 April 2024

Mahasiswa UC Pamerkan Peluang Bisnis, Solusi Kreatif dari Permasalahan Masyarakat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana acara pameran karya mahasiswa tugas akhir VCD UC bertajuk “VCD Outlining 2023: ArtXplosion” yang diadakan di Ciputra World Surabaya, Minggu (7/5/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Prodi Visual Communication Design Universitas Ciputra (VCD UC) Surabaya menggelar pameran karya mahasiswa tugas akhir bertajuk “VCD Outlining 2023: ArtXplosion” di Ciputra World Surabaya, pada 5-7 Mei 2023.

Christian Anggrianto ketua prodi Visual Communication Design menyatakan, kegiatan tersebut juga diadakan sebagai upaya menumbuhkan solusi kreatif untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh masyarakat.

“Mahasiswa VCD UC yang belajar di lingkungan entrepreneur tidak hanya dibekali kemampuan untuk menciptakan desain-desain indah, tetapi juga dilengkapi dengan kemampuan melakukan riset pasar untuk menemukan fenomena yang ada di masyarakat dan menciptakan peluang bisnis yang inovatif dari permasalahan yang dialami oleh masyarakat dengan mempergunakan kemampuan desain, serta kreativitasnya,” ujarnya, Minggu (7/5/2023).

Situasi di dalam pameran karya mahasiswa “VCD Outlining 2023: ArtXplosion” yang diadakan di Ciputra World Surabaya, pada Minggu (7/5/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ia mengatakan, dalam pameran tersebut sebanyak 15 bisnis kreatif mendapat kesempatan untuk melakukan soft launching bisnisnya dalam pameran ini, yang mana seluruhnya telah terkurasi dari 50 lebih bisnis kreatif.

Lebih lanjut, ia menyebut, berbagai bisnis kreatif tersebut yakni mulai dari yang menjual Intellectual property, produk kreatif pengolahan limbah, hingga media edukasi dan konten kreator.

“Tahun ini merupakan seri ke-15 dari pameran tugas akhir VCD UC, bukan memamerkan desain fiktif namun merupakan sebuah ajang untuk soft launching dari bisnis kreatif yang dikembangkan oleh mahasiswa desain,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga untuk mendukung bisnis dengan lingkungan yang sehat.

“Bumi dan lingkungan semakin tercemari, sumber daya alam semakin terbatas, dan masa depan generasi masa depan semakin terancam. United Nation sudah berusaha mengatasi dengan mencanangkan Sustainable development goals (SDG’s) sejak 2015 lalu, tapi masih sedikit masyarakat yang mengerti tentang problem global yang sedang terjadi ini,” ungkapnya.

Dengan kepedulian generasi masa depan itu, pihaknya mengatakan, akan terus berupaya menemukan partner-partner yang memiliki visi yang sama dari berbagai negara. Diantaranya, seperti berkolaborasi dengan Birmingham City University di Inggris, TARUMT dari Kuala Lumpur, Dayeh University Taiwan, dan Multimedia University Putrajaya Malaysia.

“VCD UC juga melakukan inisiatif proyek kolaborasi untuk menciptakan media-media sosialisasi dan edukasi SDG’s untuk masyarakat di Indonesia, Malaysia, Inggris dan Taiwan,” pungkasnya.(ris/abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs