Senin, 6 Mei 2024

Surabaya Galakkan Gerakan Penanaman Pohon demi Pertahankan Kualitas Udara

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Agus Hebi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya saat memberikan keterangan di Gedung ex Humas Pemkot Surabaya, Jumat 2 September 2022 lalu. Foto: Dok/Wildan suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan pelbagai upaya guna menjaga kualitas udara tetap bersih dan layak hirup. Salah satunya menanam 1000 pohon setiap hari.

Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya mengatakan, selain penanaman 1000 pohon setiap hari, pihaknya menggalakkan kembali gerakan Satu Jiwa Satu Pohon (Sajisapo).

“Kenapa itu kita lakukan? Karena kami nggak mau kondisi oksigen di Kota Surabaya ini (kualitasnya) berkurang. Maka dari itu, kami melakukan penanaman terus-menerus,” kata Hebi dalam keterangan resminya pada Selasa (22/8/2023).

Hebi menjelaskan, penanaman 1000 pohon setiap hari ini dilakukan di seluruh wilayah Kota Surabaya, terutama di kawasan yang tingkat lalu lintas kendaraannya tinggi, seperti di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Margomulyo.

Meski begitu, penanaman ribuan pohon itu tidak asal dilakukan, karena DLH Kota Surabaya juga mempertimbangkan estetika agar sedap dipandang.

DLH juga akan menggalakkan kembali gerakan Sajisapo. Gerakan ini dilakukan setiap kali ada kelahiran baru di perkampungan. “Jadi setiap ada bayi lahir, maka warga diwajibkan untuk menanam satu pohon,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mengajak warga Surabaya untuk peduli terhadap lingkungan di sekitarnya dengan cara menanam pohon, baik tanaman perdu maupun semak. (bnt/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs