Senin, 29 April 2024

Surabaya Punya Wahana Perahu Air Baru di Taman Asreboyo Ngagel

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mencoba wahana perahu air baru di Taman Asreboti Ngagel, Minggu (21/5/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Wahana perahu air di Taman Asli Arek Suroboyo (Asreboyo) Ngagel Surabaya, resmi dibuka dan bisa dicoba para pengunjung. Pembukaan itu dilakukan, Minggu (21/5/2023) kemarin, oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya.

Taman Asreboyo memiliki luas 853 meter persegi, lengkap dengan beragam fasilitas. Mulai jogging track, lapangan basket 3×3, skatepark, arena bermain anak, hingga wahana perahu air.

Eri menyebut, nantinya taman akan disinergikan dengan perkampungan seberang, yakni Jalan Darmokali, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo Surabaya.

Kampung akan disulap jadi salah satu kampung wisata khusus produksi UMKM, serta dipasang dermaga untuk menunjang wisata perahu air.

“Jadi insya Allah Taman Asreboyo, saya ingin taman ini (menjadi) tempat UMKM yang semuanya berjualan. Di samping untuk olahraga, juga ada makanan khas Surabaya untuk UMKM. Nanti di seberang, dari kampung Darmokali termasuk dari Kelurahan Darmo, saya siapkan jadi kampung wisata. Saya sudah bilang ke Pak RT/RW dan camat, nanti secara otomatis kita bisa berjalan di sana,” katanya lewat keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Senin (22/5/2023).

Ia berharap, Taman Asreboyo bisa turut menggerakkan roda perekonomian Surabaya. “Nanti ada UMKM, karena saya terus terang ketika membangun sesuatu maka harus bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Soal konsep kampung wisata Jalan Darmokali Surabaya, sambungnya, difokuskan pada produksi UMKM dengan kategori kuliner.

“Di Jalan Darmo ada masjid, orang berjualan kita buat UMKM. Makanan-makanan yang disajikan bervariasi, maka akan terlihat ada menu apa saja yang ada di disajikan di taman (Asreboyo). Sehingga pilihannya banyak, orang ke sini menjadi nyaman,” jelasnya.

Untuk wahana perahu air, lanjut Eri, akan melintas dengan rute pendek menyeberang ke Darmo.

“Perahu ini sebenarnya untuk menyebrang ke Darmo sekaligus berputar sampai dengan pintu air, sampai jembatan Hujung Galuh lalu kembali lagi. Jadi bisa buat keluarga, ada pilihan untuk jadi tempat olahraga dan berkumpul bersama keluarga untuk menikmati suasana. InsyaAllah kita buat juga pertandingan basket 3×3, lombanya disini dan untuk skateboard juga ada,” terangnya.

Sementara Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya usai peresmian menyampaikan, Taman Asreboyo dibuka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

“Wahan perahu air akan dikelola oleh Disbudorapar Surabaya. Kita berharap taman ini bisa menjadi jujukan bagi warga Surabaya, karena lampu-lampu di Taman Asreboyo sangat instagramable. Kami juga meminta bantuan Dinkominfo Surabaya untuk melakukan pemasangan CCVT di tiga titik untuk pemantauan keamanan, karena saat ini masih satu titik yang terpasang,” kata Hebi. (lta/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs