Selasa, 14 Mei 2024

Surabaya Raya dan Sebagian Besar Jatim Diprakirakan Cerah Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Suasana di Jembatan Suroboyo di Kenjeran saat cuaca cerah. Foto : Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca seluruh wilayah Jawa Timur (Jatim) akhir pekan ini, Minggu (21/5/2023), cerah sepanjang hari.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, sejumlah wilayah seperti Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik), Pulau Madura dan kawasan Selatan seperti Kabupaten Pacitan, diprakirakan cerah hingga cerah berawan.

Suhu udara di Jatim hari ini berkisar 13-33 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 50-100 persen. Angin dominan berembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara untuk wilayah perairan, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan kondisi secara umum berawan. Potensi hujan ringan ada di Perairan Kalimantan Tengah dan Perairan Masalembu.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 19 knots (35 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim 24 knots (44 kilometer per jam).

Sedangkan ketinggian gelombang laut di Selat Madura diperkirakan antara 0,2-1,0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0,5-2,0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1,3-3,8 meter.

Masyarakat pesisir juga diimbau waspada tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim.(bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs